PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI DAERAH TUJUAN WISATA TELAGA SARANGAN
Radhiana Ahyani, Ir. M. Santosa, MS
2012 | Tesis | S2 Mag.Arsitektur PariwisataKawasan Wisata Telaga Sarangan merupakan objek unggulan di Kabupaten Magetan. Sebagai objek wisata unggulan, sudah sepantasnya untuk selalu menjaga kualitas produk agar tetap baik sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, akan tetapi selama 4 tahun terakhir kawasan Telaga Sarangan mengalami kesulitan dalam menjaring wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk di Kawasan Telaga Sarangan sebagai dasar untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Kemudian mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel menggunakan sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil kuesioner tersebut kemudian di analisis dengan melihat profil dari tiap-tiap responden, selanjutnya dideskripsikan antara pangaruh kualitas produk dengan peningkatan kunjungan wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk wisata menunjukkan kategori memadai. Kawasan Telaga Sarangan mempunyai potensi yang cukup besar untuk dikembangkan, tetapi potensi itu belum dimanfaatkan secara optimal. Jenis arahan pengembangan kualitas produk yang memungkinkan di Telaga Sarangan meliputi atraksi, amenitas, aksesibilitas, informasi dan SDM.
Sarangan Lake tourism area is the most mainstay tourism destination at the Kabupaten Magetan. As the core product, it is appropriate to maintain quality product as good as possible in order to increase the number of tourist visits. However, in fact Sarangan Lake experiencing difficulties in attract tourists during the last 4 years. This reaserch aims to determine the influence of product quality in the Sarangan Lake area as a basis for increasing the number of tourist visits, then identify the multiple factors that influence to the tourist visits level. This research is using descriptive qualitative method that involving 100 people as respondents. The analysis of the questionnaire results based of each respondent profile, here in after described the effect of product quality to the increase number in tourist visits. The results showed tha the tourism products quality is still at adequate category rate. Sarangan region has considerable potential to be developed, but that potential has not been optimally used. Types of quality products directives that allow the development at Sarangan includes attractions, amenities, accessibility, information and human resource.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Tingkat Kunjungan Wisatawan, Telaga Sarangan