ANALISIS EFISIENSI WAKTU PELAYANAN LOADING UNLOADING BAGASI PESAWAT DI BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA
REINHARD AUGUSTA, Prof. Dr-Ing. Ir. Ahmad Munawar, M.Sc.,
2012 | Tesis | S2 Mag. S. & T.TransportasiPerusahaan Ground Handling merupakan pihak ketiga yang juga membantu kelancaran aktifitas yang berhubungan dengan bandar udara selain pihak maskapai dan pihak bandara. Perusahaan ini salah satu tugasnya adalah menangani urusan pelayanan bagasi penumpang pesawat. Bagi perusahaan ground handling di bandara Adisutjipto Yogyakarta merupakan sebuah tantangan untuk melayani penumpang per tahun yang mencapai 3 juta orang Penelitian kali ini akan melihat proses pelayanan bagasi dari sisi waktu, yaitu bagaimana mendapatkan waktu yang efektif dan efisien pada saat pelayanan dari mulai bagasi berada di counter check-in sampai bagasi masuk ke dalam pesawat, maupun sebaliknya. Survai dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang berhubugan dengan proses diatas, maka didapatkan data yang nantinya akan diolah. Data tersebut dianalisis dengan cara mensimulasi menggunakan software Microsoft Excel dan SPSS. Hasil simulasi nantinya akan dapat menggambarkan keadaan pada proses loading unloading yang mendekati keadaan yang sebenarmya, serta dapat diketahui pola pergerakan dari bagasi itu sendiri, sehingga peneliti dapat memberikan kemungkinan-kemungkinan perubahan system loading unloading kearah yang lebih baik. Saran dari hasi simulasi tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi pengambil keputusan di bandara Adisutjipto Yogyakarta untuk dapat membuat proses loading unloading berjalan dengan waktu yadng efektif dan efisien.
Ground Handling Company is a third party to the activities of the airports along with the airline and the airport managerial. It deals with the passenger baggage service. It is a challenge for ground handling company in Adisutjipto Yogyakarta to serve passengers that reach for almost 3 million people per year. This research will look at baggage service process in terms of time, such as how to obtain an effective and efficient baggage service from the check-in counter to to the aircraft, and vice versa. Surveys are conducted by collecting data related to the process above and then the obtained data will be processed. The data is analyzed by simulation using Microsoft Excel and SPSS software. The simulation results will then be used to describe the loading-unloading process, which similar to the real condition and the movement patterns of the baggage itself. Thus, researcher can provide the possibility of changes toward better. The results of the simulation can be used as a consideration for decision makers in Adisutjipto Airport Yogyakarta especially in relation with the effectivity and the efficiency of loading-unloading system.
Kata Kunci : Pelayanan Bagasi, Efektif dan Efisien, Simulasi