Laporkan Masalah

PENGARUH KREDIBILITAS MEREK PADA KUALITAS YANG DIPERSEPSIKAN, RISIKO YANG DIPERSEPSIKAN, DAN PENGHEMATAN BIAYA INFORMASI PADA PRODUK BERKETERLIBATAN TINGGI

Michael Aga Jati Dayasmara, SE., Dr. BM. Purwanto, MBA.

2012 | Tesis | S2 Manajemen

Kredibilitas merek mempengaruhi persepsi konsumen mengenai kualitas produk, risiko konsumsi produk, dan pencarian informasi produk. Kredibilitas merek terdiri dari dua dimensi yaitu keahlian dan sifat dapat dipercaya. Semakin ahli produsen dalam membuat produk dan semakin dapat dipercaya janji-janjinya, maka konsumen akan mempersepsikan kualitas produk semakin tinggi dan risiko mengkonsumsi produk tersebut semakin baik, maka pencarian informasi lebih lanjut tidak diperlukan dan biaya informasi dapat dihemat. Salah satu ciri keterlibatan produk yang tinggi adalah pencarian informasi produk yang lebih luas dan lanjut oleh konsumen. Sehingga konsumsi produk berketelibatan tinggi akan meningkatkan biaya pencarian informasi. Disisi lain, kredibilitas merek akan menghemat biaya pencarian informasi. Berdasarkan kontradiksi tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh kredibilitas merek pada penghematan biaya informasi dalam konteks produk berketerlibatan tinggi dan melengkapi penelitian terdahulu mengenai kredibilitas merek. Penelitian ini menemukan bahwa dalam konteks keterlibatan produk tinggi, pengaruh kredibilitas merek pada penghemtan biaya informasi terjadi secara tidak langsung melalui kualitas produk yang dipersepsikan. Temuan lainnya yaitu bahwa dalam konteks keterlibatan produk tinggi, persepsi akan risiko konsumsi produk tidak mempengaruhi penghematan biaya informasi. Analisis model pengukuran dalam penelitian ini menunjukkan masalah discriminant validity pada beberapa konstruk penelitian, selain itu analisis model struktural dalam penelitian ini tidak menunjukkan kecocokan yang baik dengan data empirisnya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner online dan dianalisis menggunakan structural equation medeling dengan metode estimasi Robust Maximum Likelihood untuk mengatasi ketidaknormalan multivariat data.

-

Kata Kunci : kredibilitas, kualitas, resiko, biaya informasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.