Evaluasi Strategi Bisnis PT First Media, Tbk pada Unit Bisnis Internet Broadband
Sindy Kusuma Nurparamesti, Agus Setiawan, Ph.D
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lingkungan bisnis eksternal dan internal pada unit bisnis layanan internet broadband PT First Media, Tbk serta mengevaluasi strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis PT First Media, Tbk pada unit bisnis layanan internet broadband. Penelitian ini ingin menggambarkan bagaimana unit bisnis pada PT First Media, Tbk mampu bertahan dan bersaing dengan para pesaingnya dalam industri internet broadband. Penelitian ini diawali dengan menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Dengan menggunakan matriks External Factor Evaluation (EFE) dan matriks Competitive Profile (CPM), menganalisis faktor internal perusahaan dengan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), mencocokan dengan kondisi bisnis perusahaan dengan matriks Threats-Opportunites-Weakness- Strenghts (TOWS), matriks Internal-External (IE), dan menetapkan strategi bisnis yang paling baik dengan menggunakan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSPM). Dalam menganalisis penulis menggunakan metode Proses Hirarki Analitik (AHP) untuk membobot derajat kepentingan setiap faktor.yaitu dengan menganalisis faktor eksternal perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa unit bisnis ini berada pada kuadran I jika dipetakan pada matriks internal eksternal (IE) yang menggambarkan faktor internal terletak pada posisi kuat dan faktor eksternal terletak pada posisi tinggi. Unit bisnis internet broadband pada PT First Media, Tbk dapat menerapkan strategi intensif maupun strategi integrasi yang dapat meningkatkan keunggulankeunggulan perusahaan. Pada tahap pengambilan keputusan dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix, terdapat enam alternatif strategi, yaitu strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, strategi pengembangan produk, strategi integrasi ke belakang, strategi integrasi ke depan, dan strategi integrasi ke belakang yang dapat dipilih oleh perusahaan. Dari hasil analisa, diperoleh hasil skor atraktif tertinggi adalah strategi penetrasi pasar. Oleh karena itu, rumusan strategi yang sesuai kondisi internal dan eksternal saat ini dan dinilai paling menarik adalah strategi penetrasi pasar.
This research purposes to identify the external and internal business environment in the broadband internet services business unit of PT First Media, Tbk and evaluate strategies that suitable with the business conditions of PT First Media, Tbk on broadband Internet services business unit. This research illustrate how the business unit of PT First Media, Tbk able to survive and compete with its competitors in the broadband internet industry. This study begins by analyzing the internal and external environmental conditions of the company’s business unit. By using a matrix of External Factor Evaluation (EFE) and the matrix Competitive Profile (CPM), analyzing a company's internal factors with the matrix of the Internal Factor Evaluation (IFE), matched with the company's business conditions by matrix-Opportunites-Threats- Weakness Strenghts (TOWS) matrix, Internal -External (IE), and establish best business strategy by using the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The researcher used Analytical Hierarchy Process method (AHP) for weighting the degree of importance of each faktor.yaitu by analyzing the external factors the company. Can be concluded that this business unit is in quadrant I when mapped on the internal external matrix (IE) which describes the internal factors lies in a strong position and external factors lies in the high position. Internet Broadband business unit of PT First Media, Tbk can implement an intensive strategy and integration strategies that can enhance the strengths of the company. At the stage of decision making by using the Quantitative Strategic Planning Matrix, there are six alternative strategies, ie market penetration strategy, market development strategy, product development strategy, the strategy of backward integration, forward integration strategies, and strategy of backward integration that can be chosen by the company. From the analysis, the results obtained the highest score is market penetration strategy. Therefore, the formulation of appropriate strategies and the most interesting strategy is market penetration.
Kata Kunci : Manajemen Stratejik, Matriks External Factor Evaluation (EFE) dan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks Competitive Profile (CPM), matriks Threats-Opportunites-Weakness-Strenghts (TOWS), Matriks Internal Eksternal, Matriks Quantitative Strateg