Laporkan Masalah

IDE PRODUK BARU WESELPOS: KASUS PENGEMBANGAN PRODUK DI PT POS INDONESIA

Nurhidayati Agustini, Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta MBA

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini merupakan studi kasus tentang ide produk baru weselpos sebagai hasil pemunculan ide dalam proses pengembangan produk baru weselpos di PT Pos Indonesia. Menurut analisis konsep lima tingkat produk (Kotler dan Keller, 2009: 358, 382), produk weselpos terdiri dari lima tingkat, yaitu manfaat inti; produk dasar; produk harapan; produk tambahan; dan, produk potensial. Pada tingkat produk potensial, produk baru weselpos dapat diperoleh dengan cara melakukan perubahan dan pengembangan jaringan dalam produk weselpos di tingkat produk tambahan. Produk weselpos di tingkat produk tambahan di PT Pos Indonesia ditunjukkan oleh produk weselpos instan, sehingga untuk memperoleh produk baru weselpos pada tingkat produk potensial, dilakukan melalui perubahan dan pengembangan jaringan dalam produk weselpos instan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan dan pengembangan jaringan dalam produk weselpos instan ini dapat dilakukan di titik pengiriman, rekening dan titik pembayaran. Perubahan dan pengembangan titik pengiriman berupa pemanfaatan media pengiriman uang dengan HP, voucher, ATM, token dan internet. Sementara itu, perubahan dan pengembangan rekening dilakukan dengan memakai aplikasi giro on-line berupa rekening virtual. Sedangkan perubahan dan pengembangan titik pembayaran ialah berupa pemakaian ATM sebagai sarana pembayaran uang kiriman

This research is a case study on the new product idea of remittance as a result of ideation in new product development process of remittance at PT Pos Indonesia. According to the analysis of five product levels (Kotler and Keller, 2009: 358, 382), remittances as a product is built in five levels: core benefit, basic product, expected product, augmented product and potential product. As potential product, a new remittance product can be created by augmenting and transforming network element of remittance product, which is at the level of augmented product. The remittance product, which is at the level of augmented product, at PT Pos Indonesia is referred to instant remittance product, therefore to create a new remittance product, which is at the level of potential product, there must be any augmentations and transformations in the instant remittance product. The research mentioned that such augmentations and transformations in this instant remittance product can be created at the sending point, account, and the receiving point. At the sending point, such augmentations and transformations are by utilizing such money transfer medium as HP, voucher, ATM, token and internet. While at the account, such augmentations and transformations are by utilizing online giro programming as a virtual account. Finally, at receiving point, such augmentations and transformations are by utilizing ATM as a means to pay out the remittance.

Kata Kunci : ide produk baru, weselpos, jaringan, konsep lima tingkat produk, PT Pos Indonesia.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.