Analisa Strategi Perusahaan Dalam Persaingan studi kasus di PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
Jefryanto Pasaribu, Dr. Fahmy Radhi, MBA
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengevaluasi strategi bersaing yang dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dalam menghadapi persaingan di industri hilir gas bumi. Metode analisa secara kualitatif digunakan dalam penelitian dengan tolak ukur berupa pencapaian dan pertumbuhan yang diperoleh perusahaan. Analisa SWOT dipergunakan untuk menemukan dan mengevaluasi faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan, sedangkan faktor-faktor penting bagi perusahaan dan relevansinya dimasa yang akan datang diidentifikasikan dengan analisa faktor kunci keberhasilan (key success factor/KSF). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bersaing yang dipergunakan oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk saat ini masih sesuai dengan persaingan dan perubahan lingkungan yang ada.
The purpose of this research is to analyze and evaluate competitive strategy of PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk in downstream natural gas industry. Qualitative analysis method used on this research based on sales and growth achievement, SWOT Analysis is also being used to evaluate the strategy by finding strength, weakness, opportunity and threat factor. The critical/most important factor and the relevancy to company’s future are identified by Key Success Factor Analysis. This research concludes that PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk competitive strategy is relevant to the competitive industry and environtment change.
Kata Kunci : analisa five forces, analisa SWOT, key success factor.