Analisis Manfaat Penggunaan Software Back Office System pada PT Pertamina Retail Ditinjau dari Kepuasan Pengguna Akhir (End User)
Idris Satria Budi, SST,Ak, Prof. Dr. Zaki Baridwan, M.Sc.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenKeberhasilan sebuah proyek teknologi informasi antara lain di ukur dari kepuasan yang dirasakan oleh pengguna akhir (end user) atas manfaat yang dirasakan. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis kepuasan pengguna akhir atas penggunaan software BOS pada PT. Pertamina Retail. Hasil Analisis akan ditinjau dari sudut pandang kepuasan pengguna akhir atas kenyataan yang ada dari faktor isi (content), akurasi (accuracy), tampilan (format), kemudahan penggunaan (easy of use) dan ketepatan waktu (timeliness) dibandingkan dengan harapan pengguna dari masing- masing faktor. Penilaian atas tingkat kepuasan pengguna akan diukur melalui Tingkat Kesesuaian Responden dan Importance Performance Analysis yang disajikan dalam bentuk diagram kartesius. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh pengguna akhir yang berjumlah 92 user. Dari hasil analisis uji statistik terlihat bahwa secara umum pengguna akhir belum puas atas kinerja software.
One of success indicators for an Information Technology (IT) project accomplishment is measured by an user`s satisfactory for its IT benefit. This research conducted analysis on end user`s satisfactory towards Back Office System (BOS) software which is implemented at Pertamina Retail,PT. The analysis shall be viewed from end-user`s satisfactory standpoint of its condition from many factors, which are content, accuracy, format, ease of use and timeliness. Compared to end user`s expectation from each factors mention above, so that user`s agreeable rate could be determined. The review on user`s satisfactory will also be carried out by respondent conformity rate and importance performance analysis which are described with Cartesian diagram. Data are collected by sending questionnaire to all end-users with total amount 92 person. The analysis showed that generally end users are not agreeable with the software performance.
Kata Kunci : teknologi informasi, pengguna akhir, tingkat kepuasan pengguna, Importance Performance Analysis.