Laporkan Masalah

MA I’O DALAM TRADISI SASADU MASYARAKAT SAHU TELAAH PENDEKATAN PUITIKA SASTRA LISAN

RAHMA DJUMATI,S.S, Dr. Pujiharto, M.Hum.

2011 | Tesis | S2 Sastra

Ma i’o merupakan salah satu sastra lisan masyarakat Sahu Kabupaten Halmahera Barat Propinsi Maluku Utara yang sudah ditinggalkan oleh masyarakatnya. Sastra lisan Ma i’o adalah jenis seni vokal tradisional yang dilantunkan oleh tukang Ma i’o dan dipertunjukkan dalam tradisi upacara adat Sasadu masyarakat Sahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan puitika sastra lisan Ma i’o yang dilihat dari tukang Ma i’o, pertunjukan, masyarakat, dan teksnya. Objek material adalah puisi lisan Ma i’o yakni pertunjukan ma i’o dalam upacara adat Sasadu yang diperoleh melalui perekaman langsung dan bersumber pada pengamatan dan wawancara. Permasalahan yang akan dibahas adalah kondisi masyarakat Sahu sebagai pemilik sastra lisan, proses penciptaan teks, pertunjukan, karakteristik teks Ma i’o yang terdiri atas unsur-unsur dalam teks ma i’o, dan hubungan tukang Ma i’o, teks, dunia nyata dan pendengar, dan formula dalam teks Ma i’o. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan perekaman Ma i’o upacara adat Sasadu dan wawancara. Data dianalisis dengan teori puitika, teori formula dan konsep konvensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi pertunjukan Ma i’o dinyanyikan oleh para tukang Ma i’o, terdiri atas tukang Ma i’o, pemain musik dan para penari Salai. Sebelum menjadi seorang tukang Ma i’ o proses yang dilalui adalah melalui proses transmisi dengan belajar kepada orang tua dan orang-orang yang mengusai syair Ma i’o. Konvensi pertunjukan Ma i’o terdiri atas pertunjukan, istirahat, pertunjukan, dan penutup. Komposisi teks tidak baku dan dapat berkembang sesuai dengan konteks dan keinginan tukang Ma i’o. Terdapat teks Ma i’o Rorasa, Ma i’o Kore-kore, Ma i’o Ado-ado atau Gotogoto, Ma i’o Witi-witi, Ma i’o Liongo, dan Ma i’o Kapelu. Unsur-unsur yang terdapat dalam teks Ma i’o terdiri atas unsur suara dan lagu, unsur musik tradisional, unsur tarian adat, unsur pakaian adat, unsur makanan dan minuman adat. Teks Ma i’o dibagi menjadi 3 bagian, yakni syair pertama terdiri 3 syair berbentuk puisi bebas, dan kedua 15 bait 58 larik, 22 bait 103 larik, 24 bait 57 larik, dan 15 bait 57 larik dan 1 bait yang dinyanyikan pada saat upacara tanam padi. Perulangan bait tersebut sampai pada upacara tanam padi selesai. Formula dalam teks Ma i’o adalah Simile, Hiperbola, Eufemismus, dan paralelisme dan repetisi. Frase-frase dalam formula ini merupakan stock in trade yang ada dalam pikiran tukang Ma i’o. Sastra lisan Ma i’o perlu untuk direvitalisasi kembali karena tradisi ini dapat menumbuhkan sikap saling menghargai dan menumbuhkan kepedulian antarsesama warga masyarakat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk muatan lokal generasi muda.

Ma i’o is one of the spoken literatures in Sahu community at the West Halmahera regency, North Maluku Province that has been abandoned by society. Ma i’o oral literature is a type of traditional vocal art is sung by a performer of Ma i'o and performed in the tradition of Sasadu ritual in Sahu Community. This study aims to reveal the poetic of spoken literature as seen from Ma i'o narrator, performance, society, and the text. The object of this study is that spoken poetry of Ma i'o, performance, Sasadu ritual obtained through direct recording and rooted in observation and interviews. Issues will be discussed in this study, is a condition of society as the owner of Sahu spoken literature, text creation process of Ma i'o, the performance of Ma i’o, characteristics of Ma i’o text consisting of the elements in the text, and relationship of Ma i’o performer, text, real-world and listeners, and the formula of the ma i'o text in Sasadu traditional ritual. The method used is qualitative research methods. The data was collected by recording Ma i'o in Sasadu ritual and interviews. Datum was analyzed with poetic theory, formula theory and the concept of convention. The results showed that the performance tradition Ma i'o sung by the Ma io narrators, the narrators of ma io consists of Ma i’o performer, the music player, and Salai dancers. Before becoming a performer of Ma i 'o, the process must be passed through is the transmission process by learning to parents and people who master Ma i'o poem. The convention of Ma i’o performance consists of performance, rest, performance, and ending. The composition of the text is not standard and can evolve according to the context and the need of Ma i'o narrator. There is text of Ma i’o Rorasa, Ma i’o Kore-kore, Ma i’o Ado-ado or Goto-goto, Ma i’o Witi-witi, Ma i’o Liongo, and Ma i’o Kapelu. The elements contained in the Ma i’o text are the sounds and songs, traditional music, custom dance, custom clothing, and the traditional food and beverage. The Ma i’o text is divided into 3 parts: first; there are 3 poems have the shape of free poetry, the second; it consists of 15 stanzas 58 lyrics, 22 verses and 103 lyrics, 24 verse 57, 15 stanzas and 57 lyrics, and also sung when the ceremony of planting rice. Verse repetition until the rice planting ceremony is completed. Formula is in the texts of Ma i'o namely simile, Hyperbola, Euphemism, parallelism and repetition. Phrases in this formula constitute stock in trade in mind of Ma i'o narrator. Ma i'o spoken literature needs to be revitalized again because of this tradition can foster mutual respect and growing awareness among citizens. The results of this study can be used as study materials for the local content for the next generation.

Kata Kunci : sastra lisan, Ma i’o, tradisi Sasadu, puitika, formula


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.