INFERIORITAS DAN MIMIKRI: KAJIAN POSKOLONIAL TERHADAP LIRIK LAGU-LAGU POPULER MALUKU PERIODE TAHUN 2000-2010
Falantino Eryk Latupapua, S.Pd., Prof. Dr. Faruk
2011 | Tesis | S2 SastraTujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan antara sejarah kolonialisme di Maluku dalam keunikan hubungannya dengan Belanda dan persoalan-persoalan poskolonial berupa inferioritas dan mimikri yang direpresentasikan dalam lirik lagu-lagu populer. Hal tersebut dilakukan melalui analisis dekonstruktif terhadap relasi-relasi yang terbangun di dalam teks. Teori yang digunakan adalah teori sastra poskolonial yang mengedepankan efek-efek kolonialisme terhadap produksi teks bangsa terjajah, teori tentang inferioritas dan mimikri sebagai bentuk identifikasi dalam kaitan dengan lirik lagu-lagu populer sebagai situs hegemoni. Hasil analisis secara singkat digambarkan sebagai berikut. Perspektif dalam teks terbangun berdasarkan hubungan antara tokoh pria atau gadis Maluku dengan sesamanya, dengan Belanda, termasuk kaum diaspora, serta antara kaum diaspora dengan Maluku. Relasi-relasi yang terbangun dalam lirik lagu-lagu populer antara Maluku dan Belanda adalah relasi saling memandang yang bersifat hierarkis dan dominatif, relasi bertentangan, dan relasi setara. Dalam relasi-relasi demikian terdapat jejak-jejak inferioritas serta mimikri dalam ketegangan antara Maluku sebagai dunia nyata dan Belanda sebagai dunia ideal bagi para tokohnya. Secara umum, kehadiran teks-teks tersebut mendekonstruksi romantisisme sebagai wacana umum yang terbangun di dalamnya. Meskipun hubungan antara tokoh-tokoh, seperti yang digambarkan dalam teks, mengisyaratkan adanya penyatuan antara dunia nyata dan dunia ideal masing-masing, pada prinsipnya kedua dunia tersebut terpisah sehingga penyatuan tersebut pada akhirnya hanyalah sebuah mimpi. Dalam ketegangan antara dunia nyata dan dunia ideal itulah inferioritas dan mimikri menemukan bentuknya. Mimikri dalam hal ini dilakukan bukan dalam upaya untuk melakukan resistensi, melainkan untuk mengidentifikasi dirinya sebagai Belanda sebagai yang ideal, serta untuk menyembunyikan inferioritas para tokoh di balik kepatuhan. Pada akhirnya, inferioritas dan mimikri tersebut menegaskan adanya suatu bentuk hegemoni residual Belanda yang terbangun akibat historisitas kolonial yang afiliatif antara kedua pihak didukung oleh keberadaan kaum diaspora.
The purpose of this study is to explain the relationship between the history of colonialism in the Moluccas and the uniqueness of its relationship with in the Netherlands post-colonial issues of inferiority and mimicry that are represented in the lyrics of popular songs. This goal is done through a deconstructive analysis of the relationships built up in the text. The theory used is post-colonial literary theory that emphasizes the effects of colonialism on colonized peoples text production, theory of the inferiority and mimicry as a form of identification in a connection with the lyrics of popular songs as a site of hegemony. The results of the analysis are briefly described as follows. Perspectives in the text awakened by the relationship between male or female Moluccan with each other, with the Netherlands, including the diaspora, and between the diaspora in Netherlands to the Moluccas. Relationships built up in the lyrics of popular songs between the Moluccas and the Netherlands are hierarchical and dominative, contradictory relations, and equal relations. In such relationships there are traces of inferiority and mimicry in the Moluccas as a tension between the real world and the Netherlands as the ideal world for the characters. In general, the presence of these texts to deconstruct romanticism as a common discourse that is built up in it. Although the relationship between the characters, as described in the text, indicate the existence of union between the real world and ideal world respectively, in principle, both worlds apart so that union was ultimately only a dream. In the tension between real and ideal world that's inferiority and mimicry find its form. Mimicry in this case is done not in an effort to make resistance, but rather to identify themselves as Dutch as an ideal, and to hide the inferiority of the figures behind compliance. In the end, both mimicry and inferiority confirms the existence of a residual form of hegemony that is built up due to the Dutch colonial historicity of the affiliative between the two parties supported by the existence of the diaspora.
Kata Kunci : lirik lagu populer, inferioritas, mimikri, dekonstruksi poskolonial.