Laporkan Masalah

LITERASI INFORMASI MAHASISWA PENULIS SKRIPSI (Studi Kasus Mahasiswa IP dan SKI Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

HANA KRISTINA BR PURBA, Prof. Dr. Achmad Djunaedi, MUP.

2011 | Tesis | S2 Manajemen Informasi dan Perpustakaan

Berkembangnya teknologi informasi pada saat ini telah mengubah perilaku seseorang dalam mencari informasi. Hampir setiap orang mencari informasi di internet tidak terkecuali bagi mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa penulis skripsi yang membutuhkan lebih banyak informasi untuk mendukung penulisan skripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mahasiswa penulis skripsi di Jurusan IP dan SKI Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menerapkan keterampilan literasi informasi dalam mencari informasi di internet. Teori yang digunakan sebagai preposisi dalam penelitian ini adalah Teori The Big6 TM yang terdiri dari 6 keterampilan dan 12 langkah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan purposive sampling untuk menetapkan informan. Terdapat 3 kelompok kasus dan 7 orang informan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan melakukan penelaahan, kategorisasi, melakukan tabulasi data, mengkombinasikan bukti untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa penulis skripsi Jurusan IP dan SKI Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah memiliki keterampilan literasi informasi seperti teori The Big6 TM , meskipun mereka tidak melakukan keterampilan tersebut secara berurutan. Masing-masing informan sudah memiliki keterampilan merumuskan masalah, menentukan strategi pencarian informasi, lokasi dan akses, memanfaatkan informasi, mensintesis dan mengevaluasi informasi dan langkahlangkah literasi informasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang mengerti literasi informasi dan memiliki keterampilan literasi informasi, lebih banyak mendapatkan informasi yang berkualitas dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mengerti literasi informasi dan tidak memiliki keterampilan literasi informasi.

The development of information technology has recently changed the behavior of people in seeking for information. Internet is now used to find information by most people; especially students in writing their theses to support their writings. The purpose of this study was to obtain information about how the students who are writing thesis in Department of IP and SKI, Faculty of Adab and Humanities, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta applied their information literacy skills. In this study the writer used The Big6 TM Theory that consisted of 6 types and 12 steps of skills. The method of the study was a case study by using purposive sampling to establish a set of informants. There were 3 case groups of 7 informants in this study. The writer gathered the data by conducting in-depth interviews. The obtained data were then reviewed, categorized, and tabulated, then they were combined with evidence to answer the research question. The result of the study indicated that students who are writing theses in Department of IP and SKI already had information literacy skills pointed out in The Big6 TM Theory even though they did not perform the skills in sequence as set in The Big6 TM Theory. Each informant had the ability to define the problem, to determine the information seeking strategies, locations, and access, as well as to utilize, synthesize and evaluate the information and the steps of the information literacy. The results of this study concludes that the students who understand better information literacy and information literacy skills obtain more quality information rather than students who do not understand and do not have information literacy skills.

Kata Kunci : Literasi Informasi, Keterampilan Literasi Informasi, Internet, The Big6 TM


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.