Laporkan Masalah

SISTEM TUTORIAL ADAPTIF UNTUK PEMBELAJARAN ARITMETIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR

I Gede Santi Astawa, S.T., Drs. Retantyo Wardoyo, M.Sc., Ph.D.

2011 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Pengambilan model siswa menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung sifat adaptif dari sistem tutorial adaptif. Model siswa sangat bergantung pada standard aturan penilaian guru, namun setiap guru cenderung memiliki standard penilaian yang berbeda-beda. Metode neuro fuzzy dapat digunakan untuk mempelajari aturan-aturan penilaian dari seorang guru, dan juga melakukan penalaran seperti layaknya seorang guru. Dalam penelitian ini, aturan penilaian didasarkan pada faktor nilai dan waktu pada setiap tahap belajar siswa. Hasilnya adalah tingkat kelulusan siswa pada tahap membaca materi, tahap soal pemahaman, dan tahap soal latihan. Data-data belajar siswa pada setiap tahap belajar digunakan sebagai fakta dalam penalaran kelulusan akhir siswa dan dalam melakukan penalaran mencari faktor kegagalan belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada materi aritmetika tingkat sekolah dasar, disimpulkan bahwa kombinasi metode neuro fuzzy dengan sistem berbasis aturan dapat digunakan sebagai metode penentuan model siswa yang baik dalam mendukung sistem tutorial adaptif.

Student model becomes very important to support the adaptive process of adaptive tutorial system. Student model relies on the standard rules of teacher assessment, but the standard generally different for every teacher. Neuro fuzzy can used for learn the teacher assessments rules. In this thesis, teacher assessments rules are based on value and time as result of student learning process. That result is a graduation rate of students at reading stage, deepening problems stage, and advanced training stage. Learning value, time, and graduation rate at each stage of learning used as fact in the reasoning process to find failure factors of student learning. Based on research conducted, it was concluded that the combination method of neuro fuzzy and rule-based system can be used as a method of determining a good student model in adaptive tutorial system for learning arithmetic in elementary school level.

Kata Kunci : Sistem tutorial adaptif, model siswa, neuro fuzzy, sistem berbasis aturan.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.