Strategi Mempertahankan Keunggulan Kompetitif pada Produk Perangkat Keras Komputer : Sebuah Studi pada PT. Metrodata e-Business.
Surya Mukti Suminar, Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM, Ph.D.
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenTujuan utama dari didirikannya sebuah perusahaan adalah memaksimalkan keuntungan untuk mensejahterakan para pemegang sahamnya dan diperlukan upaya untuk bertahan dalam persaingan dengan perusahaan sejenis. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan kinerja yang optimal dan kemampuan perusahaan dalam mempertahankan keunggulan-keunggulan kompetitif yang dimilikinya, dimana keunggulan-keunggulan tersebut yang menjadi faktor pembeda bagi perusahaan dari pesaing-pesaingnya. Bidang manajemen stratejik berhadapan dengan masalah seputar bagaimana sebuah perusahaan meraih dan mempertahankan keunggulan kompetitif yang dimilikinya. Hal tersebut karena mempertahankan keunggulan kompetitif merupakan salah satu bentuk perancangan dan pelaksanaan strategi bagi perusahaan. Terdapat beberapa sudut pandang dalam mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan, namun sudut pandang yang paling populer adalah resource–based view atau sering juga dikenal sebagai Resource Based View of The Firm. Sudut pandang tersebut berdasarkan asumsi bahwa sebuah perusahaan dapat meraih dan mempertahankan keunggulan kompetitif apabila perusahaan tersebut memiliki dan mampu menggunakan sumber-sumber daya dan kemampuan yang bersifat spesifik atau langka serta sumber-sumber daya dan kemampuan-kemampuan tersebut tidak dapat ditiru atau tidak ada penggantinya. PT. Metrodata e-Bisnis adalah perusahaan nasional yang bergerak di bidang IT, dimana perusahaan ini memiliki merk PC sendiri dengan nama ION, dimana selain ditujukan sebagai pengembangan usaha, juga untuk memperkuat merk PC lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan-keunggulan kompetitif apa saja yang dimiliki oleh PT. Metrodata e-Bisnis dan strategi-strategi yang dijalankan untuk mempertahankannya, sehingga perusahaan tersebut memutuskan untuk memproduksi merknya sendiri. Alat analisis yang digunakan adalah Constellation of Competitive Advantage, dimana keunggulan kompetitif dibagi menjadi enam komponen, sehingga dapat membantu untuk mengidentifikasi jenis-jenis keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan dan strategi-strategi yang dijalankannya dengan lebih jelas.
The main purpose of the establishment of a firm is to maximize profits for the welfare of its shareholders and to make any kind of necessary efforts to survive in competition with similar companies. These objectives can be achieved with optimal performance and the company's ability to maintain their competitive advantages, which are advantages that become a differentiating factor for the company from its competitors. The field of strategic management dealing with issues that surrounding on how a company achieve and maintain their competitive advantage. This is because maintaining a competitive advantage is one form of design and implementation of strategies for the company. There are several points of view in identifying the competitive advantage held by the company, but the most popular point of view is the resource-based view or often known as the Resource Based View of The Firm. This point of view is based on the assumption that a company can achieve and maintain a competitive advantage if the company owns and could use resources and capabilities that are spesific or rare as well as can’t be imitated or replaced. PT. Metrodata e-Business is a national company that move in the IT field. The company has its own PC brand which is named ION, where it’s intended as a business development, as well as to strengthen local PC brands. This study aims to determine what competitive advantages are owned by PT.Metrodata e-Business and the strategies implemented to maintain it, so the company decided to produce its own brand. The analytical tool used in this study is the Constellation of Competitive Advantage, where competitive advantage is divided into six parts, so it can help to identify the types of competitive advantage held by the company and executable strategies with more clearly.
Kata Kunci : Keunggulan Kompetitif, Resource Based View of The Firm, Constellation of Competitive Advantage.