Strategi Akuisisi PT. Internasional Prima Coal dalam meningkatkan Corporate Value PT. Tambang Batubara Bukit Asam, Tbk.
Putriani Utami Setyowati, Drs. Ahmad Djamli
2012 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan corporate strategy dari PT. Tambang Batubara Bukit Asam, Tbk (PT. BA) dalam mengembangkan bisnis batubara dan meningkatkan produksi. Penelitian ini ingin mengevaluasi apakah strategi akuisisi (acquisition) yang dilakukan kepada PT. Internasional Prima Coal (IPC) mampu meningkatkan corporate value PT. BA. Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif berupa study case dengan sumber data penelitian berupa data primer dan sekunder dari dokumen yang sudah di publikasi. Penelitian ini menganalisis peningkatan kinerja PT. BA berdasar hasil perhitungan rasio keuangan perseroan. Rasio keuangan tersebut di uji T-test (α : 0.05) dengan program SPSS untuk melihat ada tidaknya peningkatan kinerja dari strategi akuisisi, maka Hasil penelitian menunjukkan, PT. BA menerapkan beberapa strategi untuk memaksimalkan profitabilitas. Strategi perseroan antara lain : strategi untuk peningkatan produksi dengan melakukan akuisisi perusahaan potensial sehingga meningkatkan daya saing perusahaan di pasar batubara, membuat produk briket bernilai tambah, menerapan strategi penekanan biaya dan melaksanaan strategi untuk memperluas usaha berupa pembentukan anak perusahaan yang mendukung core bisnis perseroan sehingga meningkatkan market share perusahaan. Dari hasil perhitungan rasio finansial, menunjukkan kinerja PT. BA setelah mengakuisisi IPC pada tahun 2008 mengalami peningkatan. Hasil penelitian menjawab bahwa peningkatan kinerja tersebut bukan dipengaruhi oleh strategi akusisi IPC. Dimana hasil uji statistika menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata kinerja perseroan sebelum maupun sesudah akuisisi. Berdasar analisis, peningkatan kinerja PT. BA tidak dipengaruhi oleh strategi akuisisi yang dilakukan oleh PT. BA. Peningkatan kinerja lebih dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global semakin membaik yang meningkatkan permintaan domestik atau export serta peningkatan harga jual batubara.
This research is to describe the corporate strategy of PT. Bukit Asam (PT BA) to developing the coal business and to increase their production. This research was to evaluate whether a strategy of acquisition is done to PT. International Prima Coal (IPC) was able to increase the corporate value of PT. BA. This research is a form of qualitative case study with the source of research data in the form of primary and secondary data. The primary data obtained from interview and the calculation of financial ratios of the company. While secondary data from annual reports and financial documents that has been in publication. This study analyzes the performance improvement of PT. BA based on the calculation of financial ratios of the company. The finacial ratios in the research was test with statistic program using paired samples t-test (α: 0.05). This test was done to see enhance performance of company because of the acquisition strategi. The results showed that PT. BA implemented several strategies to maximize their profitability. Company strategy, among others : a strategy to increase production by acquiring companies that enhance the competitiveness of potential companies in the coal markets, create value-added product briquettes, implemented strategy of cost containment and carrying out strategies to expand the business of forming a subsidiary company that supports the core business. From the calculation of financial ratios, indicated the performance of PT. BA after the acquisition of IPC has increased. But the statistical result showed that this performance is not affected by IPC acquisition. Because of the statistical test did not give an enhance performance of the company. Based on the analysis, performance improvement of PT. BA was not influenced by the strategic acquisitions made by PT. BA. However, based more on improved global economic conditions that increase the domestic or export demand and increased selling price of coals.
Kata Kunci : Strategi Akuisisi, Added Value, Mempengaruhi Peningkatan Kinerja Perusahaan.