Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGIAKADEMI BINA SARANA INFORMATIKA (BSI)Dalam Persaingan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia

NUNUNG KHOIRIYAH, Bambang Riyanto L.S.Dr.,M.B.A,

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Permasalahan perguruan tinggi menjadi semakin komplek dan persaingan bisnis pendidikan tinggi menjadi meningkat sangat tajam, sebagai akibat perubahan lingkungan bisnis dalam era globalisasi. Perguruan tinggi harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan agar dapat survive di tengah kondisi tersebut. Untuk itu manajemen perguruan tinggi dituntut untuk mengelola organisasinya secara baik dan lebih profesional di dalam mengendalikan kegiatan perkuliahan. Akademi Bina Sarana Informatika sebagai salah satu perguruan tinggi yang sudah terlibat di dalam persaingan bisnis pendidikan tinggi, harus segera mengantisipasi dan menyiapkan strategi bisnis baru untuk dapat bertahan dan berkembang di masa depan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis lingkungan bisnis eksternal dan internal, mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi bisnis yang sudah diimplementasikan dan menemukan alternatif strategi di masa depan yang dapat diimplementasikan Akademi Bina Sarana Informatika. Lingkungan bisnis eksternal akan dianalisis dengan analisis karakteristik industri, kekuatan-kekuatan persaingan porter, kekuatan-kekuatan pemicu dan faktor-faktor kunci keberhasilan. Lingkungan bisnis internal akan dianalisis dengan analisis bidang fungsional yang mencakup pemasaran, sumber daya manusia, operasi, infrastruktur dan sistem informasi yang ada di Akademi Bina Sarana Informatika, yang mana secara bersama-sama akan dikombinasikan untuk memformulasikan strategi bisnis di masa mendatang. Penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mempertahankan perkembangan dan memenangkan persaingan, Akademi Bina Sarana Informatika seharusnya tetap mempertahankan strategi Cost Leadership yang sudah berjalan dengan mengimplementasikan beberapa strategi pengembangan berupa mengakuisisi ijin PTS yang sudah ada, mempertahankan keunggulan biaya, meningkatkan jumlah dosen S2, serta mengembangkan teknologi berbasis system informasi.

The college’s problem is to becoming more complex and higher education business competition to be more sharply increased, which was affected of the change of business environment in global era. The college has to be able to adapt with the environment in order to survive in the middle of the condition as mentioned. Therefore the college management is pursuit to manage their organization in a good manner and more professional to plan and control of learning process activity. Bina Sarana Informatika Academy as one of college which already involve in higher education business competition related with competitors have to immediately anticipate and prepare new business strategic to become survive and develop for the future. The research has the objective to analyze external and internal business environment, identify and evaluate business strategic that already implemented and find alternative strategies in the future that could be implemented by Bina Sarana Informatika Academy. External business environment will be analyzed by industry characteristic, porter’s competitive forces, driving forces and key success factors. Internal business environment will be analyzed by functional activity including marketing, human resources, operation, infrastructure, and information system at the Bina Sarana Informatika Academy, which altogether will be combined to formulate business strategic in the future. This research show that to sustain growth and win the competition, the Bina Sarana Informatika Academy should retain the cost leadership strategy which has been running with some form of development strategies to acquire the existing license of educational institutes, survive cost advantage, increasing number of master lecture, and develop technology based on information system.

Kata Kunci : Bisnis pendidikan tinggi, kekuatan-kekuatan persaingan porter, strategi kepemimpinan harga.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.