Laporkan Masalah

Pengaruh Merger terhadap Penciptaan Nilai PerusahaanStudi Kasus pada Merger antara PT Bank Niaga Tbk dengan PT Bank Lippo Tbk

Eko Bramantyo, Prof. Dr. Marwan Asri

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Merger dan akusisi merupakan cara yang cepat dengan risiko yang relatif lebih rendah untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas, dibandingkan dengan pertumbuhan secara organik. Namun strategi merger dan akuisisi tersebut perlu ditelaah lebih lanjut apakah dapat menghasilkan nilai perusahaan yang lebih baik, yang tercipta melalui sinergi keuangan. Walaupun alasan yang dikemukakan oleh pemegang saham dalam merger antara Bank Niaga dengan Bank Lippo adalah untuk untuk memenuhi ketentuan regulator, namun diyakini merger tersebut dapat meningkatkan nilai perusahaan pasca merger yang diciptakan melalui sinergi bisnis dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ada atau tidaknya sinergi keuangan yang dihasilkan dari merger antara Bank Niaga dengan Bank Lippo. Dilakukan dengan melakukan valuasi nilai kedua perusahaan sebelum merger. Penjumlahan nilai kedua perusahaan sebelum merger tersebut kemudian dibandingkan dengan hasil valuasi nilai perusahaan pasca merger untuk melihat ada atau tidaknya sinergi keuangan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah merger antara Bank Niaga dan Bank Lippo telah menghasilkan sinergi yang dilandasi oleh sinergi bisnis dan sinergi keuangan. Sinergi keuangan dapat dibuktikan dengan peningkatan kinerja pasca merger, dimana value of the firm Bank CIMB Niaga pasca merger lebih besar dari penjumlahan value of the firm Bank Niaga dan Bank Lippo sebelum merger.

Merger and acquisition is a practical way with a relatively low risk to gain market share, as compared to organic growth. However, this strategy needs further review and analysis on whether it can create a higher value of firm through financial synergy. Although the main reason behind the merger of Bank Niaga and Bank Lippo, as mentioned by the shareholders, was to be in complince with the prevailing regulations, it is believed that this merger would have increased postmerger value of firm, through business and financial synergy. The purpose of this research is to evaluate the existence of synergy on the merger of Bank Niaga and Bank Lippo. It is done by performing pre-merger valuation on both banks. The summation of both banks’s value of firm was then compared to valuation result of post-merger value of firm to see the synergy. We concluded that the merger of Bank Niaga and Bank Lippo has been able to create synergy, ie business and financial synergy. Financial synergy can be seen through improvement on post-merger performance, whereby value of post-merger Bank CIMB Niaga was higher than the summation of value of pre-merger Bank Niaga and Bank Lippo.

Kata Kunci : Merger, Sinergi, Bank CIMB Niaga, Bank Niaga, Bank Lippo


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.