EVALUASI AKSEPTANSI DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI HASIL LABORATORIUM ONLINE DAN SMS DI HI-LAB DIAGNOSTIC CENTER YOGYAKARTA
Mangisi Tambok Veronika Pasaribu, Prof. dr. Hari Kusnanto, DrPH.
2011 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar Belakang: Hasil pemeriksaan laboratorium selama ini disampaikan dengan cara paperbased (manual). Teknologi informasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam bidang kesehatan umumnya dan laboratorium khususnya. Hi-Lab Diagnostic Center Yogyakarta menerapkan sistem informasi hasil laboratorium online dan SMS dan selayaknya melakukan pengembangan sistem ke arah yang lebih baik. Tujuan: Mengevaluasi penerapan sistem informasi hasil laboratorium online dan SMS pada Hi-Lab Diagnostic Center Yogyakarta, dari aspek kemudahan dan kemanfaatan. Evaluasi ini untuk melihat akseptansi dan kepuasan pengguna sistem informasi hasil laboratorium online dan SMS Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif, menggali secara mendalam mengenai persepsi pengguna terhadap kemudahan, manfaat, akseptansi dan kepuasan pengguna terhadap sistem informasi hasil laboratorium online dan SMS Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam. Hasil: Sistem informasi hasil laboratorium online dan SMS mudah untuk dipelajari dan mudah digunakan serta mempercepat mendapatkan hasil pemeriksaan. Hasil laboratorium dapat langsung diterima oleh pasien dan dokter melalui SMS atau website Hi-Lab. Kendala sistem informasi hasil laboratorium online dan SMS yaitu penggunaan sistem oleh operator masih memerlukan pendampingan tenaga IT (Information Technology). Gangguan pada penyedia layanan dan sistem. Bahasa SMS yang kurang dipahami karena menggunakan singkatan kedokteran dan data pasien yang dikirim tidak terlalu lengkap oleh instansi lain. Kesimpulan: Semua pengguna menerima sistem informasi hasil laboratorium online dan SMS karena mempermudah dan mempercepat dalam menyampaikan hasil pemeriksaan. Sebagian besar responden sudah merasa puas karena tidak harus menunggu lama hasil pemeriksaan. Beberapa responden masih menginginkan inovasi dan peningkatan kualitas sistem yang lebih baik.
Background: The results of laboratory examinations have been delivered in a way paper based. Information technology can improve efficiency and effectiveness in the health sector generally and in particular laboratory. Hi- Lab should perform system development into a better direction to increase the acceptance and user satisfaction. Objective: This study aimed to evaluate the implementation of information systems laboratory results online and SMS on the Hi-Lab Diagnostic Center in Yogyakarta, from the aspect of ease of use and usefulness. This evaluation is to see acceptance and user satisfaction of information systems lab results online and SMS Methods: The study was a descriptive qualitative research design. This research will explore in depth about the user's perception of the convenience, benefits, acceptance and user satisfaction of information systems lab results online and SMS. Data collecting used depth interviews. Results: The results of laboratory information systems online and SMS is easy to learn and easy to use. Laboratory results can be directly received by patients and doctors via SMS or a website of Hi-Lab. Constraints laboratory results online information system and SMS system disorders occur when there is, so sending pending examination results. Examination results are sent poorly understood because the use of medical abbreviations, so the explanation is less understood by some patients. Conclusion: Acceptance users on information systems lab results online and SMS are the results of the examination can be identified quickly by the patient and medical personnel, simplify and speed up your work. Respondents still want innovation and improving the quality of a better system.
Kata Kunci : Akseptansi, penyampaian hasil laboratorium dan kepuasan.