PENGARUH PEMBERIAN TUNJANGAN PROFESIONAL GURU TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU JENJANG SMA RINTISAN SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL KOTA YOGYAKARTA
Agus Suryanto, Taufikur Rahman, S.E., MBA.
2011 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi/Akuntansi TerapanPenelitian ini menjelaskan pemberian tunjangan profesional guru dan motivasi kerja guru dalam hubungannya dengan kinerja guru jenjang SMA Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik eksplanatif terhadap responden di delapan sekolah RSBI jenjang SMA di Kota Yogyakarta yaitu SMAN 1 Yogyakarta, SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 8 Yogyakarta, SMAN 2 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, SMA Steladuce 1 Yogyakarta. Penelitian melibatkan 380 responden yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan baik secara parsial maupun secara simultan (bersaman-sama) antara dua variabel bebas yaitu variabel pemberian tunjangan profesional guru dan variabel motivasi kerja guru dengan variabel terikat yaitu kinerja guru. Adapun sumbangan yang diberikan terhadap kinerja dari pemberian tunjangan profesional guru sebesar 43,8 % sedangkan yang disumbangkan oleh motivasi kerja guru sebesar 48,7%. Sedangkan pemberian tunjangan profesional guru dan motivasi kerja guru secara simultan memberikan sumbangan sebesar 62,1 %. Dengan demikian sebagai saran untuk meningkatkan kinerja guru perlu lebih ditingkatkan pemberian tunjangan profesional guru dan motivasi kerja guru.
This research explains the relation between professional teacher incentive with their motivation and performance in the Candidate of International Standard School ( RSBI) of Senior High School in the Yogyakarta City. This research uses the explained technique survey method for eight school of RSBI of Senior High School in The Yogyakarta City include of them are SMAN 1 Yogyakarta, SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 8 Yogyakarta, SMAN 2 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, SMA Steladuce 1 Yogyakarta. It has 380 respondents by randomize selected. The result of the research indicates that there are positive impact and significantly, not only by partially but also by simultantly between two free variable that is professional teacher incentive variable and the teacher motivation variable with the variable trussed by that is the teacher performance. As for contribution given to performance from professional subsidy gift learn equal to 43,8 % while rendered by motivation work the teacher equal to 48,7 %. While professional subsidy gift teacher and motivate the teacher job by simultan give the contribution of equal to 62,1 %. Thereby as suggestion to increase teacher performance need more improved by a professional subsidy gift teacher and motivate the teacher job.
Kata Kunci : Tunjangan profesional guru, Kota Yogyakarta