Laporkan Masalah

PENGARUH KUALITAS PRODUK KULINER TERHADAP MOTIVASI KUNJUNGAN WISATAWAN DI LESEHAN MALIOBORO

Inayatul Ilah Nashruddin, Drs. Bambang Sunaryo, MSc., MS.

2011 | Tesis | S2 Mag.Arsitektur Pariwisata

Penelitian ini merupakan penelitian di bidang Pariwisata khususnya adalah wisata kuliner. Lokus dan penelitian ini adalah Produk Kuliner di Lesehan Malioboro Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kualitas produk kuliner terhadap motivasi kunjungan wisatawan ke Lesehan Malioboro. Ada dua hal utama yang menjadi bahasan dalam penelitian ini yakni, kualitas produk kuliner, dan motivasi kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan paradigma positifistik diskriptif kuantitatif dan kualitatif. Temuan yang diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam (in depth interview) diantaranya profil Lesehan Malioboro berupa profil pedagang, profil wisatawan pengunjung Lesehan Malioboro, serta kebijakan yang diberlakukan di Lesehan Malioboro. Selain itu juga ditemu kenali beberapa permasalahan tentang produk kuliner. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa lesehan Malioboro bukan merupakan tujuan utama wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata mereka. Tentang kualitas produk kuliner secara berurutan (dari yang paling berpengaruh hingga yang tingkat pengaruhnya rendah) yang berpengaruh terhadap motivasi kunjungan wisatawan adalah (1) harga, (2) penyajian, (3) suasana, (4) pelayanan, (5) kebersihan dan (6) kualitas Makanan dan Minuman. Secara keseluruhan kualitas produk kuliner bukan merupakan faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kunjungan wisatawan ke lesehan Malioboro. melainkan ada faktor – faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap motivasi kunjungan ke lesehan Malioboro yakni keterikatan Lesehan Malioboro dengan kawasan Malioboro secara utuh yang merupakan icon pariwisata Yogyakarta, serta adanya nostalgia linkage.

This research is in the field of Tourism in particular is a culinary tour. Locus and this research is Culinary Products in Lesehan Malioboro Yogyakarta. The purpose of this study was to determine whether there is significant influence between quality culinary products to tourist motivation visit to Lesehan Malioboro. There are two main things that a discussion in this study, quality culinary products, and motivations of tourists visit. This study uses the positivistic paradigm of quantitative and qualitative descriptive. Findings obtained through observation and depth interviews of such a profile Lesehan Malioboro profile merchants, tourists visitors Lesehan Malioboro profiles, and policies imposed on Lesehan Malioboro. It is also found to recognize several problems concerning culinary products. The results of this study is known that lesehan Malioboro is not a major tourist destination in making their travel. About the quality culinary products in order (from most influential to the low level of influence) that affect the motivation of tourists visit are (1) price, (2) presentation, (3) atmosphere, (4) service, (5) hygiene and (6) Food and Beverage quality. Overall quality culinary products is not a factor which significantly affected the motivation of tourists visit the Lesehan Malioboro. The Other factors are more influential on motivation to visit Lesehan Malioboro as an integral part with an area of Malioboro is a tourism icon of Yogyakarta, and the presence of linkage nostalgia.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Produk Kuliner, Motivasi, Lesehan Malioboro


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.