Laporkan Masalah

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BUS PILOT PROJECT KOTA BATAM

RIDWAN AFANDI, Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MUP., Ph.D.

2011 | Tesis | S2 Magist.Prnc.Kota & Daerah

Penelitian ini konsern tentang persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan bus pilot project Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendiskripsikan pelaksanaan bus pilot project dan perkembangannya sampai saat sekarang; (2) untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan bus pilot project serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi masyarakat tersebut ; dan (3) untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai keterkaitan antara penentuan trayek bus pilot project dengan penggunaan lahan. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan nara sumber, serta pengajuan kuesioner kepada 120 responden yang diambil secara insidental. Hasil kuesioner dianalisis secara statistik dengan menggunakan frekuensi dan tabulasi silang (crosstabs), selanjutnya dilakukan uji indepedendensi dengan menggunakan Chi Square untuk melihat signifikansi hubungan yang terjadi antar variabel penelitian. Penelitian ini menemukan faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap waktu tunggu bus pilot project adalah jenis kelamin, jenis pekerjaan dan pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap transfer/perpindahan adalah jenis kelamin dan pekerjaan untuk rute Sekupang-Batam Centre, sedangkan untuk rute Batu Aji-Batam Centre adalah pendidikan dan pekerjaan. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap waktu tempuh perjalanan pada rute Batu Aji-Batam Centre adalah jenis kelamin dan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan : (1) menambah jumlah armada bus, (2) menambah jumlah halte (3) perlu adanya penambahan rute bus pilot project sehingga dapat melayani masyarakat Kota Batam lebih luas (4) peninjauan kembali terhadap kontrak kerja sehingga tidak ada pembatasan jumlah rit.

This study concerned on the public perception over the service quality of bus Batam City bus pilot project, in the province of Riau Archipelago. This study aimed to: (1) describe the implementation of bus pilot project and its development until this moment; (2) understand the public perception on service quality of bus pilot project and to know factors influencing public perception; and (3) understand the public perception of the relevancy of the fixed bus pilot project airways and the land use. The primary data was collected through interviews with the informants, and by questionnairy survay to 120 respondents. The questionnary results were analyzed statistically using the frequency and the crosstabs, and it was then conducted the independency test using Chi Square to see the signifance of the occurred relation among the variables. The study found that the significant factors influenced the public perception on the route of Sekupang-Batam Centre to the waiting time of bus pilot project are: sex, job, and education. The influencing factors of the public perception of the transferring process were: sex and job; the influencing factors on the route of Batu Aji-Batam Centre to the waiting time of bus pilot project were: sex, job, and education; influencing factors of transferring process were education and job; and then, influencing factors of the travelling time were sex and education. This study recommends to: (1) increase the number of bus fleet, (2) increase the number of halte and improve its quality, (3) increase the quantity of bus route of bus pilot project in order to serve the public of Batam City more broadly, (4) review the job contract so that there was not the limitation of quantity of rit.

Kata Kunci : : Persepsi Masyarakat, Kualitas Pelayanan, Bus Pilot Project


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.