Laporkan Masalah

SISTEM PORTOFOLIO ELEKTRONIK (E-PORTFOLIO) UNTUK MENENTUKAN BIDANG KOMPETENSI MAHASISWA

Alva Hendi Muhammad, Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D.

2011 | Tesis | S2 Mag.Tekn.Informasi

Informasi dalam portofolio sangat berharga bagi perkembangan mahasiswa. Pada tesis ini, peneliti mencoba mengembangkan aplikasi portofolio elektronik (e-portfolio) dengan kemampuan untuk memetakan kompetensi mahasiswa. Kompetensi mahasiswa dipetakan berdasarkan informasi yang ada pada portofolio mahasiswa. Penelitian dimulai dengan memilih beberapa faktor (variabel) dalam portofolio yang dapat digunakan untuk menilai kompetensi mahasiswa. Variabel yang diusulkan selanjutnya diteliti apakah layak untuk digunakan dalam penelitian ini atau tidak. Kelima variabel tersebut antara lain Nilai Akademik, Pengalaman, Sertifikasi, Pelatihan, serta Penelitian dan Publikasi. Hasil uji yang dilakukan menunjukkan bahwa kelima variabel yang digunakan valid. Langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas dan bobot dari kelima variabel. Teknik perbandingan berpasangan (pairwise comparison) akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Teknik ini digunakan pada model pendukung keputusan Analytical Hierarchy Process (AHP). Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hierarki. Hasil bobot yang diperoleh adalah Nilai akademik (30%), Pengalaman (14%), Sertifikasi (13%), Pelatihan (16%), Penelitian dan Publikasi (27%). Nilai kompetensi mahasiswa yang mungkin diraih ada dalam skala 0-100. Nilai kompetensi mahasiswa kemudian dibandingkan dengan skala level kompetensi untuk mengetahui pencapaian kompetensi mahasiswa tersebut. Tahapan terakhir dalam penelitian adalah mengembangkan suatu aplikasi portofolio elektronik berbasis web yang dapat membantu pengguna dalam melakukan pengambilan keputusan dalam memetakan kompetensi mahasiswa. Sistem akan melakukan scoring untuk menyelesaikan masalah secara akurat dalam waktu yang singkat berdasarkan formula yang telah didapat dari proses analisis sebelumnya. Hasilnya berupa level kompetensi mahasiswa yang ditampilkan secara visual oleh sistem dalam bentuk grafik.

Information in the portfolio is very valuable for the students‟ development. In this thesis, the researcher will develop applications of electronic portfolios (eportfolio) with the ability to map the competencies of students. Student competencies are mapped according to existing information on their portfolios. This research begins by selecting a number of factors (variables) in a portfolio that can be used to assess student competency. The proposed variable further investigated whether it is feasible to be used in this study or not. There are five variables that are used in determining competency: Academic Values, Experience, Certification, Training, and Research and Publication. The results of tests conducted showed that the five variables used valid. The next step is to determine the priorities and weights of the five variables. Paired comparison technique will be used to solve these problems. This technique is used in Analytical Hierarchy Process (AHP).This decision support model will outline the problems multiple factors or a complex multi-criteria into a hierarchy. The results obtained by weighting each variable are the Academic Value (30%), Experience (14%), Certification (13%), Training (16%), Research and Publication (27%). Value of students' competencies that may be achieved is on a scale of 0-100. Then the value is compared to the scale of competence levels to determine student achievement of competencies. Final phases in this research is to develop an electronic portfolio of webbased applications that can assist users in making decisions in student competency mapping. The system will calculate the score to solve the problem accurately in a short time based on a formula that has been obtained from the previous analysis. The result is a level of competence of students who are visually displayed by the system in graphical form.

Kata Kunci : portofolio, portofolio elektronik, e-portfolio, kompetensi, teknik perbandingan berpasangan, Analytical Hierarchy Process


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.