PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP BAHAYA ROKOK BAGI KESEHATAN MELALUI POSTER DENGAN PARTISIPASI SISWA DI KABUPATEN GORONTALO
Fatmawati Mohamad, Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D.
2011 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar Belakang : Rokok merupakan barang yang berbahaya bagi manusia. Kebiasaan merokok yang dimulai dari usia remaja memberi peluang 50 : 50 untuk meninggal pada usia muda akibat penyakit yang berhubungan dengan rokok. Berdasar pertimbangan ini, maka upaya kegiatan promosi kesehatan mengenai bahaya merokok lebih diarahkan pada remaja, karena remaja merupakan sasaran utama industri rokok. Banyak produk media untuk menyampaikan pesan kesehatan saat ini tidak didistribusikan. Untuk mensiasati masalah ini perlu diupayakan partisipasi sasaran dalam mengembangkan media penyampaian pesan kesehatan seperti poster. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh metode pendidikan kesehatan dengan poster partisipatori dalam meningkatan pengetahuan dan sikap siswa terhadap bahaya rokok bagi kesehatan, dan melihat perbedaan pengaruh metode pendidikan kesehatan dengan poster partisipatori, metode pendidikan kesehatan dengan poster tempel dan metode pendidikan kesehatan (tanpa poster) dalam meningkatan pengetahuan dan sikap siswa terhadap bahaya rokok bagi kesehatan. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pre test post test dengan kelompok kontrol. Partisipan penelitian adalah siswa SMP Negeri 1, SMPN Negeri 2 dan SMP Negeri 3, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap. Data dianalisis dengan uji paired t test dan independent t test Hasil Penelitian : Peningkatan rerata pengetahuan dan sikap signifikan pada ketiga kelompok penelitian. Peningkatan tertinggi pada variabel pengetahuan terjadi pada kelompok poster partisipatori dan peningkatan yang tertinggi pada sikap terjadi pada kelompok poster tempel. Perbedaan selisih rerata pengetahuan pada ketiga kelompok signifikan, tetapi pada selisih rerata sikap tidak signifikan (p > 0,05). Kesimpulan : Metode pendidikan kesehatan dengan poster partisipatori lebih baik digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang bahaya rokok dari pada sikap, namun perlu dipertimbangkan perlunya interaksi dan saling berbagi sesama anggota agar sikap lebih terbentuk
Background: Smoking can bring serious impact on human's health. The habit of smoking from teenage period has the probability 50:50 to die at young age due to diseases associated with smoking. Therefore efforts to promote health on the danger of smoking is directed more to teenagers since they are the main target of cigarette industry. Lots of media that deliver health messages are currently not distributed. It is necessary to have participation of the target in developing media of health messages such as poster to overcome this problem. Objective: To identify impact of health education method through participatory posters to increase knowledge and attitude of students toward the danger of smoking on health, and to find out the different impact of health education method using participatory posters and without poster in increasing knowledge and attitude of students toward the danger of smoking on health. Method: The study was quasi experiment that used pre-test post-test with control group design. Participants of the study were students of SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 and SMP Negeri 3. Samples were taken purposively. Data were obtained through questionnaire of knowledge and attitude and analyzed using paired t-test and independent t-test. Result: Average increase of knowledge and attitude was significant found among three groups. The highest increase of knowledge was found in the participatory poster group and the highest increase of attitude was found in the sticking poster group. Difference in average knowledge of the three groups was significant, but not in average attitude (p > 0.05). Conclusion: Participatory poster method was more effective in improving knowledge of students about the danger of smoking than attitude, but interaction and sharing between member of the grup should be considered to elevate the attitude. This method could be an alternative in the socialization of the danger of smoking for health.
Kata Kunci : peningkatan pengetahuan, sikap dan poster partisipatori