Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing PT. Belfoods Indonesia

Shanti Widiawati, ST, Sony Warsono Dr., MAFIS., Ak.

2011 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Persaingan bisnis saat ini ditandai dengan kondisi masa depan yang semakin penuh tantangan dan ketidakpastian. Perusahaan perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing serta faktor eksternal lainnya dalam merumuskan strategi yang tepat dengan melakukan analisis TOWS untuk mengetahui keadaan internal perusahaan. PT. Belfoods Indonesia adalah produsen nugget pertama di Indonesia dan kini mengalami penurunan yang sangat drastis. Untuk menghadapi persaingan di industri makanan beku olahan khususnya dengan bahan baku ayam. Tersedianya berbagai macam jenis makanan olahan yang berbahan baku ayam, baik yang di pasarkan oleh PT. Belfoods Indonesia maupun yang dipasarkan oleh perusahaan lain telah menimbulkan adanya persaingan untuk merebut konsumen. Oleh karena itu, pihak manajemen perusahaan perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing serta faktor eksternal lainnya dalam merumuskan strategi yang tepat. PT. Belfoods Indonesia juga perlu mengetahui sumber daya mana saja yang dapat menjadi keunggulan bisnis perusahaan dengan melakukan analisis TOWS untuk mengetahui keadaan internal perusahaan. Kompetitor terbesarnya adalah PT. Japfa Santori Indonesia (produk So Good) dan PT. Charoen Pokphand Indonesia (produk Fiesta). Alternatif strategi yang dapat dirumuskan dalam Matriks Threats Opportunities Weakness Strength (TOWS) antara lain: Strategi SO dengan meningkatkan produksi yang paling diminati konsumen, memanfaatkan channel distribusi Sierad Produce untuk pengembangan usaha dan meningkatkan inovasi pengembangan produk (diversifikasi produk). Strategi ST dengan memperluas segmen pasar menuju ekspor dan mengedukasi akan produk Belfood yang menggunakan bahan baku ayam kualitas terbaik dari Sierad. Strategi WO dengan melakukan promosi melalui internet dan jejaring sosial, meningkatkan promosi terutama pada kalangan anak-anak, agar dapat membangun Brand Awareness pada kalangan muda dan mengadakan pelatihan SDM. Strategi WT dengan meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan user. PT. Belfoods Indonesia sebaiknya memilih Strategi Fokus berdasarkan Biaya Rendah (focused or market niche strategy on low-cost), dimana strategi ini memfokuskan diri pada segmen pembeli yang sempit (menjual produk/brand yang sesuai kalangan konsumen yang dituju) dan memenangkan persaingan dengan menawarkan produk dengan biaya terendah dibandingkan pesaing. Hal ini dapat dilakukan, karena Belfoods menggunakan bahan baku ayam mentah dari Rumah Potong Ayam Sierad Produce yang diternakan dengan kualitas terbaik.

Business competition is characterized by the condition that the future full of challenges and uncertainties. Companies need to know the strengths and weaknesses of competitors and other external factors in formulating the right strategy with the TOWS analysis to determine the internal state of the company. PT. Belfoods Indonesia is the first nugget manufacturer in Indonesia and is now experiencing a very drastic decline. To face competition in the frozen food industry, especially with raw materials processed chicken. Availability of various types of processed foods made from raw chicken, both marketed by PT. Belfoods Indonesia as well as those marketed by other companies has caused the competition to win consumers. Therefore, the management company needs to know the strengths and weaknesses of competitors and other external factors in formulating the right strategy. PT. Indonesia Belfoods resources also need to know which ones could be a business advantage by doing a TOWS analysis to determine the internal state of the company. The biggest competitor is PT. Santori Japfa Indonesia (product So Good) and PT. Charoen Pokphand Indonesia (Fiesta products). Alternative strategies that can be formulated in Threats Opportunities Weakness Strength (TOWS) matrix, such as: SO Strategies to increase the production of the most desirable customers, utilizing the distribution channels Sierad Produce for business development and improve the innovation of product development (product diversification). ST strategy to expand into the export market segment and will educate Belfood products that use raw materials from Sierad’s best quality chicken. WO Strategies to conduct a campaign through the Internet and social networking, improve promotion, especially in young children, in order to build brand awareness in young people and conduct training of human resources. WT Strategies to improve product quality and improve service to consumers and users. PT. Belfoods Indonesia should choose Strategy Focus on Low Cost (or market niche strategy focused on low-cost), where this strategy focuses on a narrow segment of buyers (selling a product / brand among consumers who fit the target) and won the competition by offering products with lowest cost compared to competitors. This can be done, because Belfoods use raw materials from raw chicken from Sierad Produce’s Chicken Slaughterhouse which is the highest quality farmed.

Kata Kunci : Manajemen Strategik, Analisis TOWS.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.