KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN MODERN MUARA KAPUAS DAN RUMAH MAKAN TRADISIONAL YU SRI DI KABUPATEN SLEM
Nina Noviastuti, S.P, Prof. Dr. Ir. Irham, M.Sc.
2011 | Tesis | S2 Ekonomi PertanianRumah makan merupakan salah satu bisnis yang dianggap tidak pernah mati atau surut akan peminat. Hal ini lebih disebabkan karena rumah makan memenuhi kebutuhan manusia akan makanan setiap harinya. Sebagai konsekuensi logisnya, semakin banyak jumlah penduduk yang mendiami suatu wilayah maka semakin tinggi permintaan akan makanan. Hal inilah yang menyebabkan perkembangan industri rumah makan di Yogyakarta semakin pesat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tigkat kepuasan konsumen pada Rumah Makan Muara Kapuas dan Rumah Makan Yu Sri serta menguji perbedaan tingkat kepuasan yang dirasakan konsumen antara Rumah Makan Muara Kapuas dan Rumah Makan Yu Sri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen puas atas jasa layanan Rumah Makan Muara Kapuas. Kepuasan konsumen pada Rumah Makan Muara Kapuas secara berurutan mulai dari yang terbesar adalah kualitas layanan, kualitas amenitas, kualitas aksesibilitas dan kualitas produk. Konsumen puas atas jasa layanan Rumah Makan Yu Sri. Kepuasan konsumen pada Rumah Makan Yu Sri secara berurutan mulai dari yang terbesar adalah kualitas produk, kualitas layanan, kualitas amenitas dan kualitas aksesibilitas. Hasil analisis perbedaan kepuasan konsumen menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen antara Rumah Makan Muara Kapuas dan Rumah Makan Yu Sri, pada aspek kualitas layanan, kualitas amenitas dan kualitas aksesibilitas, konsumen Rumah Makan Muara Kapuas memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dibandingkan konsumen Rumah makan Yu Sri. Sedangkan pada aspek kualitas produk, konsumen Rumah Makan Yu Sri memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dibandingkan Rumah Makan Muara Kapuas.
Restaurant is one of the businesses that is considered as an endless business. It is because a restaurant fulfills human’s needs for food every day. Consequently, the more population live in the area, the higher demand of food. It causes the development of restaurant industry in Yogyakarta is more rapid. This study is conducted with the purpose to know the consumer satisfaction level of Muara Kapuas restaurant and Yu Sri restaurant and to test the satisfaction differences perceived by the consumers between Muara Kapuas restaurant and Yu Sri restaurant. The result of the study shows that the consumers are satisfied by the services provided by Muara Kapuas Restaurant. The consumer satisfaction in sequence start from the biggest is the service quality, amenity quality, accessibility quality and product quality. The consumers are satisfied on the Yu Sri Restaurant service. The consumer satisfaction of Yu Sri Restaurant in sequence start from the biggest is product quality, service quality, amenity quality and accessibility quality. The analysis result of the consumers’ satisfaction differences is found between Muara Kapuas Restaurant and Yu Sri Restaurant. In the service quality aspect, amenity quality and accessibility quality, the satisfaction level of that of the Muara Kapuas Restaurant is higher than the consumers of Yu Sri Restaurant. While in the product quality aspect, the Yu Sri Restaurant consumers have a higher satisfaction level than that of the Muara Kapuas Restaurant consumers.
Kata Kunci : Kualitas produk, kualitas layanan, kualitas amenitas, kualitas aksesibilitas.