Laporkan Masalah

PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN ATAS MEREK PADA NIAT PEMBELIAN ULANG YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN ATAS RETAILER

Wahyu Winarso, S.Psi., Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A.

2013 | Tesis | S2 Manajemen

Merek merupakan media yang paling penting bagi perusahaan untuk menanamkan citra perusahaan pada konsumen. Kepuasan dan kepercayaan konsumen pada merek sangat menentukan niat konsumen untuk melakukan pembelian ulang di masa yang akan datang. Penelitian ini ingin menguji pengaruh mediasi retailer terhadap kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek pada niat pembelian ulang. Hipotesis yang didapat adalah kepercayaan dan kepuasan terhadap suatu merek dapat memiliki suatu pengaruh positif pada retailer yang menjual merek tersebut dalam bentuk kepercayaan, kepuasan, dan pada akhimya niat pembelian ulang. Responden merepresentasikan pengguna notebook di yogyakarta. Penelitian ini menemukan bahwa mediasi retailer terhadap kepercayaan pada merek pada niat pembelian ulang tidak di dukung. Namun demikian konsumen yang mempunyai kepercayaan terhadap suatu merek masih tetap akan mempunyai niat pembelian ulang, walaupun tingkat kepercayaan atas retailer rendah.

Brand is the most important medium for companies to invest their corporate image to consumers. Satisfaction and consumer trust in brands is determining the intention of consumers to make purchases again in the future. This study wanted to test the mediating effect of satisfaction and retailer of consumer trust in a brand on repurchase intention. Hypothesis obtained is trust and satisfaction with a brand can have a positive impact on retailers who sell the brand in the form of trust, satisfaction, and ultimately repurchase intentions. Respondents represent notebook users in Yogyakarta. The study found that the mediation of trust in a brand retailer on repurchase intentions not supported. However, consumers who have trust in a brand will still have the intention to purchase again, although low levels of confidence in the retailer.

Kata Kunci : merek, kepuasan, kepercayaan, niat pembelian ulang


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.