PERANAN PROMOSI DALAM PEMBENTUKAN OPINI CALON MAHASISWA STRATA-1 UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Inayah, S.Psi., Dr. Ir. Ageng Setiawan Herianto, M.Sc.
2011 | Tesis | S2 Penyuluhan dan Komunikasi PembangunanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bentuk media promosi dalam pembentukan opini calon mahasiswa strata-1(S-1) Universitas Islam Indonesia (UII), mengetahui hubungan antara promosi dengan opini calon mahasiswa S-1 UII, mengetahui sejauh mana pengaruh faktor -faktor lain yang terdiri dari ideologi keagamaan, komunikasi pribadi, dan pilihan ranking perguruan tinggi terhadap opini calon mahasiswa S-1 UII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan responden sebanyak 90 calon mahasiswa S-1 UII TA 2010/2011 yang dikelompokkan berdasarkan kriteria pola seleksi masuk melalui CBT (Computer Based Test), PBT (Paper Based Test), dan PSB (Penerimaan Siswa Berprestasi). Penelitian ini menghasilkan bahwa dari ketiga media promosi yaitu advertising, sales promotion, dan personal selling, tidak ada yang paling efektif dalam membentuk opini calon mahasiswa. Semakin banyak promosi mengenai informasi tentang UII yang diterima calon mahasiswa maka akan semakin positif pula opininya mengenai UII. Ideologi keagamaan dan pilihan ranking perguruan tinggi berpengaruh positif terhadap pembentukan opini calon mahasiswa mengenai UII.
The objectives of study are to determine the effectiveness of three promotional media, i.e. advertising, sales promotion, and personal selling in opinions formation of new undergraduate student of Islamic Indonesia University (UII), to understand its relationship with their opinion formation, and to measure the some factors influence toward the opinion. The descriptive quantitative method was applied. 90 new undergraduate student was selected using a stratified random sampling method into three strata, namely CBT (Computer Based Test), PBT (Paper Based Test), and PSB ( Academics Achievement Record) and was interveiwed using a questionnaire prepared . The results show that there are no significant difference among three promotional media in formating the student opinion on the university images. The more promotional media exposed to the applicant the better their opinion formation on the university. The religious ideology and university ranking priority decided by the student has positive and significant role in their opinion formation.
Kata Kunci : Promosi, Opini Calon Mahasiswa, Universitas Islam Indonesia