BUDAYA GOTONG ROYONG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETAHANAN SOSIAL BUDAYA DI ERA GLOBALISASI ( STUDI KASUS PADA MASYARAKAT CISARANTEN ENDAH )
Retno Saraswati, Prof. Dr. Djoko Soerjo, MA.
2011 | Tesis | S2 Ketahanan NasionalDalam suatu masyarakat terdapat nilai yang disakralkan dan dijadikan pedoman hidup bagi masyarakat karena diyakini dapat untuk mensejahterakan kehidupan mereka serta diwariskan kepada generasi berikutnya. Gotong royong merupakan salah satu nilai yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia diawali dengan pendekatan saling tolong menolong dalam kehidupan masyarakat agraris untuk menyelesaikan beberapa kegiatan yang memerlukan tenaga banyak seperti saat panen padi, mendirikan rumah dan pembersihan lingkungan. Perkembangan yang terjadi dengan kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi yang secara signifikan merubah pola pikir, sikap dan perilaku masyarakat maka budaya gotong royong juga mengalami pergeseran dalam implementasinya. Tenaga atau jasa yang dulunya tidak dihargai dengan nilai uang sudah berubah. Jasa mempunyai harga atau nilai uang. Pada saat era agraris jasa belum menghasilkan nilai uang maka masyarakat memanfaatkan jasa sebagai sarana tolong menolong dengan pendekatan kekerabatan. Pada saat panen para petani secara bersama-sama melakukan kegiatan saling bantu dan secara bergilir dilakukan pada saat yang lain membutuhkan. Masyarakat di Desa Cisaranten Endah Kecamatan Arcamanik Kab Bandung mayoritas kondisinya banyak yang miskin. Pekerjaan yang ditekuni banyak yang tidak mempunyai keahlian khusus seperti pemulung dan buruh kasar. Tingkat pendidikan dan kesehatan masyarakat mayoritas tergolong rendah. Di salah satu sisi masyarakat yang berada pada tataran perekonomian mapan jumlahnya sedikit. Para pengusaha masih harus bertahan menghadapi persaingan bebas yang semakin kompleks. Kegiatan gotong royong dilaksanakan dalam bentuk pembersihan fasilitas umum dan hal-hal yang berkaitan dengan pendekatan kemanusiaan seperti pertolongan terhadap musibah adanya kesusahan akibat kematian. Gotong royong yang bersifat pendekatan keagamaan dilaksanakan dalam bentuk pembersihan sarana ibadah. Dalam pelaksanaannya gotong royong tidak hanya dilakukan dengan sumbangan fisik saja tetapi bagi yang punya uang dan tidak dapat hadir dilakukan dengan memberikan bantuan berupa uang ataupun berupa makanan. Adanya pergeseran yang secara drastis merubah pola pikir sikap dan perilaku masyarakat terhadap budaya gotong royong dan dalam hal pewarisannya maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk memperoleh solusi bagaimana budaya gotong royong diwariskan dari generasi kegenerasi pada era teknologi ini. Diharapkan dapat dimanfaatkan bagi pembuat keputusan dalam mensikapi pergeseran sehingga pewarisan dapat dilakukan dengan mengambil terobosan terhadap peluang yang ada. Secara pendekatan ilmu pengetahuan diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan dalam hal pemahaman budaya gotong royong ditengah-tengah masyarakat yang heterogin. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara langsung terhadap masyarakat miskin, para tokoh masyarakat dan aparat pemerintahan desa serta para beberapa pengusaha, tenaga didik, tenaga medis yang ada dan aktif bekerja di desa Cisaranten Endah untuk memperoleh data-data yang akurat disamping melaksanakan pengumpulan data dari laporan-laporan resmi yang dilakukan oleh instansi pemerintahan. Budaya gotong royong yang dulunya berkembang dengan subur tiba-tiba mengalami kemunduran akibat perubahan situasi dan kondisi yang mau tidak mau berubah akibat pergeseran era agraris, menuju era industrialisasi dan pada saat ini berubah ke era teknologi. Perubahan pola pikir, sikap dan perilaku masyarakat sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan budaya gotong royong. Walaupun demikian budaya gotong royong masih dapat dan mampu untuk berkembang di Indonesia karena cirri khas masyarakat Timur adalah kolektivitas yang lebih mengutamakan kekerabatan, saling bantu dan kerja sama untuk kepentingan orang banyak. Pelibatan semua fihak dalam memahami budaya gotong royong dan pengimplementasian secara dini dikalangan masyarakat diharapkan mampu tetap memelihara tumbuhnya budaya gotong royong. Pendekatan kemanusiaan, kepentingan bersama masih menjadi peluang untuk pewarisan kegenerasi penerus. Dalam peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat serta merupakan terobosan yang harus dilakukan agar pengaruhnya terhadap hasil implementasi gotong royong dapat berpengaruh secara significan terhadap kondisi masyarakat. Budaya gotong royong mempunyai peluang untuk tetap tumbuh subur di Desa Cisaranten Endah dengan pendekatan pelaksanaan kegiatan kemanusiaan dan kepentingan bersama. Pelibatan semua pihak menjadi penting dalam sosialisasi dan peningkatan pemahaman terhadap budaya gotong royong dikalangan masyarakat serta diprioritaskan dalam implementasinya dalam hal pendidikan dan peningkatan kesehatan masyarakat di Desa Cisaranten Endah.
In a society there is a sacred value of life and become as the guidance for the community because its has a value which believed to make their lives welfare and passed on to the next generation. The mutual aid is the one value owned by Indonesian society which begins with the approach of helping each other in the life of an agrarian society to complete a few activities that require much energy as when the rice harvest, build houses and environmental cleanup. The development that occurred with progress of information technology, communications and transportation significantly change the mindset, attitude and behavior of the culture of mutual aid society is also experiencing a shift in their implementation. The labor or services that have not traditionally rewarded with value of money has changed. The services has the price or value. At the same time in the agrarian era does not produced value to make money for the services, the society uses the service as a means of helping with the approach of kinship. At harvest time the farmers together and help each other involved in the rotation performed at other times require. The communities in Cisaranten Endah Village Kab Bandung District Arcamanik majority at a poor condition. The job which occupied mostly has no special expertise, such as the scavengers and the laborers. The level of education and public health in majority relatively at low leve. On the other hand there is a small amounts of the society who has well-established economic. Some I industrialistss are still have to face the increasing of free and complex competition. The activities of mutual aid is implemented in the form of mutual aid to clean the public facilities and the problems that related to the humanitarian approaches such as disaster and distress that caused by the death. The mutual aid characteristic has a religious approach which implemented in the form of cleaning of places of worship. In carry on the mutual help is not only to do with physical donations but also to the people who has much money and can not be able to attend will provide the assistance in the form of money or food. The shift of mindset that drastically changes the behavior of public attitude towards the mutual aid culture and in terms of inheritance is necessary to study in order to obtain a mutual aid solution on how to handed down the culture from generation to generation in the era of technology. It is neded that could be used to the decision makers to react to the shift of mindset in order to make the heritage prosess can be done at the existing opportunities. The scientifically approach is expected to be used as a development in terms of cultural understanding of mutual aid in the middle the heterogin societies. This research method is conducted by direct interview on the poor community leaders and the officials of village government as well as some businessmen, educated workers, medical personnels who actively working in the village of Cisaranten Endah to obtain the accurate data in addition to collect data from the formal reports of who carried out by government agencies. The culture of mutual aid is used to develop flourishly but suddenly become setback because of the change of situation and condition inevitably due to the shift on the agrarian era to the era of industrialization and today changes to the era of technology. The change in mindset, attitude and behavior of cultural influences on the growth of mutual cooperation. In spite of that the culture of mutual aid still can be able to develop in Indonesia because the typical of the eastern societies who has more priority in the collective kinship, mutual aid and cooperation for the benefit of the people. The Involvement of all people in understanding the culture of mutual aid and the implementation among the community at an early time is expected to continue to maintain the growth of mutual help culture. The humanitarian approach on the common interest is still a chance to pass to the successor generation. To increase the education quality and the public health is a breakthrough in order to influence the results of the implementation of mutual aid which significantly affected the condition of society. The mutual aid culture has an opportunity to continue to thrive at the village of Cisaranten Endah to approach the implementation of humanitarian activities and common interests. The involvement of all people become more important to make on the socialization and the understanding improvement of the mutual aid culture among the community as well as prioritized in its implementation in terms of education and public health improvement at the village of Cisaranten Endang.
Kata Kunci : Budaya, gotong royong, ketahanan sosial budaya