Laporkan Masalah

SENI LUKIS IMPRESIONISME CLAUDE MONET SUATU TELAAH EPISTEMOLOGI SENI

Sunarjo, Dr. Sumartono, M.A.

2011 | Tesis | S2 Ilmu Filsafat

Impresionisme merupakan sebuah gerakan kebangkitan seni lukis modern dengan Claude Monet dianggap sebagai tokoh utamanya. Sebagai seniman lukis, Monet telah berhasil mengembangkan gaya seni lukis baru pada masanya. Seni lukis impresionisme Monet memiliki corak yang khas dalam tinjauan epistemologi; karena itu menarik untuk dikaji lebih jauh kendati persoalan epistemologi seni itu sendiri masih menjadi suatu yang kontroversi bagi beberapa pemikir dan filsuf. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah seni lukis impresionisme Claude Monet dalam kerangka epistemologi seni. Obyek material penelitian ini adalah seni lukis impresionisme Claude Monet, sedangkan obyek formalnya ialah epistemologi seni. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yang mempergunakan literatur-literatur tentang seni lukis impresionisme Claude Monet sebagai sumber data primer dan pustaka-pustaka tentang epistemologi seni sebagai data sekunder. Kemudian, data tersebut ditelaah mempergunakan metode interpretasi dan verstehen guna mendapatkan kesimpulan yang jelas, akurat, dan runtut. Oleh sebab itu, penelitian ini menjelaskan latar belakang kelahiran seni lukis impresionisme Monet, struktur, validitas (baca: problem kesadaran dan pengetahuan dalam seni lukis Monet), dan pengaruhnya terhadap perkembangan seni lukis lebih lanjut. Benang merah yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, kelahiran seni lukis impresionisme Monet dipicu oleh munculnya teori warna Chevruel dan ditemukannya kamera. Kedua, struktur seni lukis Monet dibangun atas dasar cahaya sebagai pokok penggambaran lukisan, ‘brushstroke’ sebagai teknik lukis khas impresionisme Monet dan Komposisi warna yang ditampilkan oleh Monet dalam karya lukisnya sangat terbatas dengan menghilangkan warna coklat dan warna tanah. Ketiga, Kesadaran yang menjadi pemahaman para impresionis menempati bentangan antara subyektivisme dan obyektivisme, juga antara realisme dan idealisme. Kendati demikian, seni lukis impresionisme lebih cenderung diletakkan sebagai wujud empirisme karena sang seniman memahami realitas berdasarkan pengalaman, ia juga lebih condong pada objektivisme karena proses kreatif dalam seni lukis impresionisme tidak melibatkan analisa kognisi atau idealisasi. Monet sebagai seniman lukis telah memasuki medan heuristik, yakni medan kemungkinan baru yang menggabungkan sains dan seni pada masanya. Terakhir, pengaruh seni lukis impresionisme Monet membentang di selurun Eropa dan Amerika. Misalnya, Monet mempengaruhi sekelompok pelukis muda Amerika yang menyebut diri mereka sebagai “The Givernist” pada akhir tahun 1880an.

Impressionism is a revival movement of modern painting by Claude considered being the main figure. As an artist, Monet has successfully developed a new style of painting in his era. Monet’s impressionism painting has a distinctive pattern in view of epistemology; therefore it is interesting to study further, despite of the epistemology issue of that art itself is still a controversy for some thinkers and philosophers. The aim of this research is to analyze Claude Monet’s impressionism painting with the epistemology of art framework. The Material object of this research is Claude Monet’s impressionism painting, while its formal object is epistemology of art. This research is library research that uses the literatures above Claude Monet’s impressionism painting as primary source of data, and the literatures about epistemology of art as secondary source of data. Afterward, the data are analyzed with interpretation and verstehen methods in order to obtain a clear, concise and consistent conclusion. On that account, this research explains the origins of Monet’s impressionism painting emergence, its structure, its validity (the conscious and problem of knowledge on Monet’s painting), and its influence toward art development futher. A core conception that could be gained from this research are as follow: first, the birth of Monet’s impressionism painting influenced by Chevruel’s colour theory appearence and found of camera. Second, the structure of Monet’s painting based on light as subject matter, ‘brushstroke’ as a typical paint technique of Monet’s impressionism and composition of colours used by Monet in his works is quite a limited palette, banishing browns and earth colors. Third, impresionists understanding of awareness occupies to unfold among objectivism and subjectivism, also between idealism and realism. Nevertheless, impressionism paintings are more likely to be placed as a form of empiricism as the artist understands the reality based on experience, it is also much more inclined to objectivism because of the creative process in painting impressionism does not involve the analysis of cognition or idealization. Monet as an artist has entered the field of heuristics, namely the possibility of a new field that combines science and art of his period. Finally, the influence of Monet’s impressionism painting is unfold of almost all Europe and America. For instance, Monet had influenced a group of young artists of America which were called their self as “The Givernist” by the end of 1880.

Kata Kunci : cahaya, brushstroke, ‘impression, sun rising’, kesan (impresi).


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.