ANALISIS WACANA METROSEKSUAL PADA MAJALAH FHM INDONESIA (Analisis Wacana Kritis Iklan Grooming di Rubrik Style pada Majalah FHM Indonesia Edisi September 2008 – September 2009)
Nobertus Ribut Santoso, Prof. Nunung Prajarto, M.A., PhD.
2011 | Tesis | S2 Ilmu Politik/Ilmu KomunikasiPenelitian ini berangkat dari rumusan masalah bagaimana iklan-iklan grooming di rubrik style pada majalah FHM Indonesia mengkonstruksikan metroseksual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana iklaniklan grooming di rubrik style pada majalah FHM Indonesia mengkonstruksikan metroseksual. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode analisis wacana kristis. Objek penelitian ini adalah iklan-iklan grooming yang dimuat dalam rubik style pada majalah FHM Indonesia edisi September 2008 – September 2009. Data dalam penelitian ini adalah tag line iklan-iklan grooming yang dimuat dalam rubik style pada majalah FHM Indonesia edisi September 2008 – September 2009. Hasil dalam penelitian ini adalah melalui tag line di iklan grooming, majalah FHM Indonesia mendorong laki-laki untuk menjadi metroseksual yang sadar penampilan dengan memakai produk-produk kosmetik yang menjadikan pria metroseksual lebih feminim dengan melakukan perawatan wajah, narsis dengan meniru penamplian sang idola, macho yang paham akan penampilan, dan romantis dengan mengedepankan aspek kasih sayang, persahabatan, dan kesetaraan gender. Ideologi ini mampu mengubah mindset masyarakat untuk mengikuti gaya hidup metroseksual.
This research is derived from a formulation of the problem how grooming advertisements at style rubric on FHM Indonesia magazine construct metrosexual. The objective of this research is to know how grooming advertisements at style rubric on FHM Indonesia magazine construct metrosexual. This research is descriptive by using critical discourse analysis method. The objects of this research are grooming advertisements published at style rubric on FHM Indonesia magazine edition September 2008 – September 2009. The data in this research is tag lines of grooming advertisements published at style rubric on FHM Indonesia magazine edition September 2008 – September 2009. The results of this research show that through tag line of grooming advertisements, FHM Indonesia magazine drives men to be metrosexuals who are aware of the appearance by using cosmetic products that make metroseksuals more feminine by doing face treatments, narcissistic by adopting the idols, macho who understand the appearance, and romantic by proposing the aspects of love, friendship, and gender equalization. These ideologies can change the mindset of societies to follow the lifestyle of metrosexual.
Kata Kunci : Metroseksual, majalah, iklan, analisis wacana kristis