Implementasi teknik penelusuran induktif dalam menentukan rekomendasi model pengajaran
ABIDIN, AA Zezen Zaenal, Dra. Sri hartati, M.Sc., Ph.D
2010 | Tesis | S2 Ilmu KomputerSalah satu upaya menghindari generalisasi (penyeragaman) materi pengajaran dalam proses pembelajaran adalah menentukan model pengajaran (teaching models) yang tepat untuk setiap peserta didik, sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Pada penelitian ini diimplementasikan teknik penelusuran induktif dalam sistem pemberi rekomendasi pengajaran, untuk menentukan rekomendasi model pengajaran, khususnya menggunakan model pengajaran induktif dan nondirektif, studi kasus pengajaran mated HTML. Penelusuran dilakukan terhadap kasus pemberian rekomendasi ajar baru berdasarkan pada data pemberian rekomendasi ajar yang sudah ada sebelumnya. Dengan menggunakan analisa algoritma ID3 (Iterative Dichotomizer 3) dapat ditentukan proses penentuan rekomendasi ajar dalam penelitian ini sesuai dengan basis pengetahuan kasus pemberian rekomendasi ajar lampau. Sistem pemberi rekomendasi ajar memiliki kemampuan menyajikan soal tes kemampuan awal, minat belajar HTML dan kognitif. Sistem dapat menentukan rekomendasi ajar induktif dan nondirektif untuk pengajaran materi HTML berdasarkan pada kasus pemberian rekomendasi ajar yang sudah ada sebelumnya. Sistem dapat membangkitkan materi ajar sesuai dengan nilai tes awal, minat dan kognitif peserta. Sistem dapat mendokumentasikan setiap kegiatan belajar peserta ajar. Sistem dapat menentukan rekomendasi ajar untuk semua kemungkinan atribut sumber.
One effort to avoid uniformity of teaching materials in the learning process is to determine the teaching models are based on learner model, according to the learning needs of students. In this study an inductive approach is implemented in the teaching recommendation provider system to determine recommendations teaching, in particular using inductive and nondirektif teaching models. Case studies for teaching HTML. Reasoning conducted on the case of new teaching recommendations based on data of previous teaching recommendations. By using the analysis Iterative Dichotomizer 3 algorithm (ID 3) can be determined process of determining the teaching recommendations in this study in accordance with the case recommendations of the existing teaching. Teaching recommendation provider systems have the ability to present the pretest, interest in learning HTML and cognitive tests. The system can determine the inductive and non directive teaching recommendations for teaching HTML materials, based on an ·existing teaching recommendation before. The system can generate teaching materials accordance with pretest, interest in learning and cognitive scores. The system can documentation each participant learning activities. The system can determine teaching recommendations to all source attribute (value of attribute pretest, interest in learning HTML and cognitive).
Kata Kunci : Sistem pemberi rekomendasi,Teknik penelususran induktif,Belajar mengajar