Laporkan Masalah

Strategi keunggulan bersaing pada financial service industry :: Studi kasus Astra Credit Companies

SATRYO, Firmando, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tujuan dari penelitian ini adalah nntuk dapat mengevaluasi dan menjelaskan berbagai peluang dan juga tantangan yang sedang dan akan dihadapi Astra Credit Companies, juga untuk dapat menjelaskan karakteristik dan juga posisi dari strategi bersaing Astra Credit Companies dalam industri pembiayaan sejenis Penelitian ini bersifat studi kasus yang menekankan pada analisis konteks secara penuh berdasarkan kondisi yang ada di perusahaan. Dengan mengunakan metode secara kualitatif yang berdasar pada formulasi strategi bersaing yang ada di Astra Credit Companies. Untuk mengevaluasi strategi yang ada dalam perusahaan, digunakan Analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial-Budaya, Teknologi), Five Force Model, serta Industry Life Cycle untuk melihat ancaman dan peluang yang ada. Sedangkan untuk melihat kekuatan dan kelemahan internal digunakan Analisis Value Chain dan topologi strategi bersaing dari Miles dan Snow. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi bersaing yang ada pada Astra Credit Companies saat ini belum cukup optimal untuk menjaga dan meningkatkan performa perusahaan dari sisi sales dan operasional. Dan karena hal tersebut maka perlu dilakukan pembenahan dan penyempumaan yang disesuaikan dengan perkembangan lingkungan industri yang mempengaruhinya, sehingga kedepannya Astra Credit Companies dapat tetap mempertahankan market share dan kualitas kineija perusahaan.

The purpose for this study was to evaluate and explain the various opportunities and also challenges that are being and will be faced by Astra Credit Companies, and also be able to explain the characteristics and the position of Astra Credit Companies competitive strategy position in financial service industries. This research is a case studies that highlight the full context of the analysis based on existing conditions in the company. By using qualitative methods are based on the competitive strategy formulation at Astra Credit Companies. To evaluate strategies that exist within the company, it used PEST analysis (Politic, Economy, Social_Culture, Technology), Five Force Model and the Industry Life Cycle to see threats and opportunities. As for seeing strengths and weaknesses internal, used Value Chain analysis and Competitive Strategy tipology by Miles and Snow. From these results it can be concluded that the existing competitive strategy at Astra Credit Companies currently does not optimal enough to maintain and improve company performance in terms of sales and operations. And because of that, it is necessary to reform and improvements adjusted with industry environment that affecting the company, so that in the future Astra Credit Companies can continue to maintain its market share and quality performance.

Kata Kunci : Strategi bersaing,Topologi Miles dan Snow,Perusahaan pembiayaan

  1. S2-FEB-2010-FirmandoSatryo-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2010-FirmandoSatryo-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2010-FirmandoSatryo-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2010-FirmandoSatryo-Title.pdf