Laporkan Masalah

Evaluasi Strategi Bersaing Transaksi Trade Finance dan Remittance sebagai Upaya Peningkatan Fee Based Income: Studi kasus pada Divisi International-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

SUCIANI, Dewi, Fahmy Radhi, Dr., M.B.A

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mengevaluasi strategi bersaing yang dilakukan oleh BNI sebagai saJah satu bank devisa di Indonesia yang telah lama menjalankan bisnis transaksi trade finance dan remitance. Selain itu juga untuk menganalisis Kekuatan Kelemahan- Peluang-Ancaman (SWOT) BNI dan untuk mengidentiftkasikan Faktor Kunci Keberhasilan (Key Success Factor) yang berhubungan dengan bisnis jenis layanan transaksi trade finance dan remilance tersebut. Hal ini dilakukan dalam rangka pemberian usul atau altematif strategi yang dapat dillak:ukan BNI untuk tahap selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode analisis kualitatif. Untuk mengevaJuasi strategi bersaing BNI mak:a akan dianaJisis terlebih dahulu lingkungan bisnisnya baik dari lingkungan eksternal maupun internal. Analisis lingkungan ekstemal dengan menggunakan anaJisis PEST, Analisis Lima Kekuatan Persaingan (Five Competitive Forces Analysis) dari Michael R. Porter dan Analisis Kekuatan Penentu (Driving Forces Analysis). Sedangkan analisis lingkungan internal dilak:ukan dengan mengevaJuasi visi, misi dan value BNI, analisis sumberdaya BNI serta strategi yang dilakukan oleh BNI. Analisis SWOT dengan melihat fak:tor-fak:tor kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman yang dihadapi BNI serta Analisis Faktor Kunci Keberhasilan (Key Success Factor). Faktor Kunci Keberhasilan dari internal perusahaan yang paling penting juga digunakan untuk menentuk:an strategi apa yang bisa digunakan perusahaan dalam mengembangkan perusahaannya menjadi lebih baik. Dari hasil evaluasi terhadap strategi bersaing yang dilak:ukan BNI terkait dengan bisnis transaksi trade finance dan remittance adalah masih relevan dalam persaingan pada industri perbankan. HaJ ini dibuktikan dengan diterimanya berbagai penghargaan untuk: BNI sebagai bentuk positif atas hasil dari berbagai strategi bersaing yang telah dilakukan BNI terkait dengan bisnis transaksi jasa layanan tersebut. Dari hasil anaJisis SWOT dan Key Success Factor maka dihasilkan beberapa usulan strategi bersaing/bisnis yang dapat dilakukan BNl.

The aim of this research is to evaluate competitive strategy conducted by BNI as one of foreign exchange banks in Indonesia who have been running business transactions and trade finance and remittance for long time. In addition to analyze the Strengths-Weaknesses Opportunities- Threats (SWOT) BNl and to identify the Key Success Factors (Key Success Factor) associated with business services and trade finance transactions such remittance. They have to be done in order to award the proposal or alternative strategy that can be implemented by BNI to the next stage. The research method which was used in this research is qualitative analysis method. To evaluate the competitive strategy of BNI, it will be analyzed in the business environment both external and internal environment. Analysis of the external environment using PEST analysis, Analysis Five Forces of Competition (the Five Forces Competitive Analysis) by Michael R. Porter and Driving Forces Analysis. While the internal environment is analyzed by evaluating the vision, mission and values of BNI, the resource of BNI and the strategy run by the BNI. SWOT analysis is used by looking at the factors of strength and weakness, as well as opportunities and threats faced by BNI and Key Success Factors Analysis. The most important internal company of Key Success Factors was also used to determine what strategies that can be used by companies to be better than others. The result of the evaluation of competitive strategy related to trade finance and remittance transactions run by BNI is they are still relevant to be implemented in facing the competitors in the banking industry. The various awards received by BNI shown as the positive impact of BNI's strategies. By using SWOT and Key Success Factor analysis, there are also some proposed competitive strategies or businesses that can be implemented by BNl

Kata Kunci : Pendapatan berbasis komisi, Trade finance, Remittance, Keunggulan kompetitif, Kekuatan-kelemahan-peluang-ancaman, Faktor kunci keberhasilan, Analisis PEST, Analisis lima kekuatan persaingan, Analisis kekuatan penentu

  1. S2-FEB-2010-DEWI_SUCIANI-ABSTRACT.pdf  
  2. S2-FEB-2010-DEWI_SUCIANI-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-FEB-2010-DEWI_SUCIANI-TABLEOFCONTENT).pdf  
  4. S2-FEB-2010-DEWI_SUCIANI-TITLE.pdf