Laporkan Masalah

Perancangan sistem pakar e-concierge :: Studi kasus pada Hotel Hyatt Yogyakarta

SAPUTRA, Erik Hadi, Ir. Surjono, M.Phil

2010 | Tesis | S2 Teknik Elektro/Magister Teknologi Informasi

Sistem Pakar adalah aplikasi berbasis komputer yang menjalankan sekumpulan aturan-aturan yang didasari dari pengetahuan manusia untuk memecahkan permasalahan yang membutuhkan keahlian khusus manusia. Pada penelitian ini membahas Sistem Pakar E-Concierge yang secara fungsi membimbing tamu didalam hal kebutuhan khusus selama berkunjung di suatu daerah dan bersama-sama merencanakan segala aktifitas tamu selama berada di hotel. Dalam penulisan ini yang menjadi obyek penelitian adalah concierge Hotel Hyatt Yogyakarta, petugas front office seperti bellboy, doorman, dan petugas lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas seorang concierge. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Metode Inferensi dengan Proses penalaran pengetahuan Forward Chaining yang digunakan untuk pengujian fakta-fakta yang dimasukkan pengguna, dengan aturan yang telah disimpan dalam sistem, satu demi satu hingga dapat diambil satu kesimpulan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah Sistem Pakar E-Concierge memberikan rekomendasi kepada tamu hotel berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diinputkan dengan membuat modul-modul yang berkaitan dengan wisata budaya, wisata kesenian, wisata kerajinan dan wisata kuliner.

Expert Systems are computer-based application that is running a set of rules based on the sum of human knowledge to solve problems that require human expertise. In this study discusses the E-Concierge Expert System which functions to guide guests in terms of special needs during a visit in an area and together to plan all activities during his stay at the hotel. In this writing that became the object of research is the concierge Hotel Hyatt Yogyakarta, front office staff as a bellhop, doorman, and other officials related to the performance of duties of concierge. The method used in this study Inference Method with Forward chaining reasoning process used to test the facts entered by the user, with rules that have been stored in the system, one after another until one conclusion can be drawn. Results obtained in Expert System E-Concierge is to provide recommendations to hotel guests based on the questions that input by making the modules relating to cultural tourism, tourist art, craft and culinary tourism.

Kata Kunci : Expert system,E,concierge,Forward chaining,Tourism, Sistem Pakar, E-Concierge, Forward Chaining, Wisata


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.