Rancang bangun sistem informasi maanejmen aset teknologi informasi studi kasus PT. Nikomas Gemilang banten
PURWANTO, Riyadi, Ir. P. Insap Santosa, M.Sc.,Ph.D
2010 | Tesis | S2 Teknik Elektro/Magister Teknologi InformasiAset TI merupakan salah satu sumber daya yang penting dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaan aset khususnya aset TI harus diatur secara terstruktur dan sistematis. Tujuan penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Manajemen Aset Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan PT. Nikomas Gemilang. Sistem Informasi manajemen aset TI dirancang untuk mengelola aset TI dalam siklus hidupnya, mulai dari inventarisasi aset, maintenance aset, rehabilitasi aset, dan penghapusan aset. Dalam sistem yang dikembangkan, siklus hidup aset TI dapat termonitor secara jelas, sehingga dapat mendukung proses pengambilan keputusan bagi pihak manager MIS dan pihak lain yang terkait dengan manajemen aset TI, khususnya dalam hal analisis kebutuhan aset TI, procurement aset TI, dan optimalisasi aset TI. Rancang bangun Sistem Informasi Manajemen Aset TI dibuat berdasarkan kondisi pada perusahaan. Hal-hal yang diperhatikan dalam rancang bangun ini adalah antarmuka, kemudahan, dan kompleksitas informasi. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode SDLC yang terdiri dari beberapa tahapan, meliputi tahap planning, analisis, desain, dan implementation. Tahap planning dilakukan dengan mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan sistem, dan membuat studi kelayakan. Tahap analisis dilakukan dengan menganalisis informasi pada perusahaan, menentukan kebutuhan user, dan kebutuhan system. Tahap desain dilakukan dengan merancang basisdata dengan tahapan perancangan swimline, DFD, workflow, dan database. Tahap implementation dilakukan dengan mengembangkan sistem dalam bentuk prototyping. Sistem yang dikembangkan berbasis web dengan dilengkapi fitur Help Desk. Fitur ini berfungsi sebagai media komunikasi dan informasi incident yang dilaporkan oleh user kepada staff TI apabila terjadi permasalahan pada perangkat TI. Dengan demikian, penanganan incident menjadi cepat, ketersediaan aset dapat meningkat, dan biaya maintenance relative lebih rendah.
IT assets is one of the important resources in a company. Therefore, asset management, especially IT assets should be arranged in a structured and systematic. The purpose of this research is to create Asset Management Information Systems Information Technology in accordance with the needs of PT. Nikomas Gemilang. IT asset management information system designed to manage IT asset life cycle, ranging from asset inventory, asset maintenance, asset rehabilitation, and removal of assets. In the system developed, the life cycle of IT assets can be clearly monitored, so that it can support the decision making process for the MIS manager and other parties associated with IT asset management, particularly in terms of needs analysis of IT assets, IT asset procurement, and optimization of IT assets. Design of IT Asset Management Information System based on the company's condition. The things to consider in this design is the interface, simplicity, and complexity of information. Development method used is SDLC method which consists of several stages, including stages of planning, analysis, design, and implementation. Planning stage is done by identifying problems, determining the purpose of the system, and a feasibility study. Phase analysis is done by analyzing information on companies, determine user needs and system requirements. Stage design is done by designing a database with design stages swimline, DFD, workflows, and databases. Implementation stage is done by developing the system in the form of prototyping. Web-based system developed with features Help Desk. This feature serves as a medium of communication and incident information reported by users to IT staff in case of problems on IT devices. Thus, incident handling to be fast, to increase asset availability, and relatively lower maintenance costs.
Kata Kunci : Asset, Asset management, IT asset management, Help desk, Aset, Manajemen Aset, Manajemen Aset TI, Help Desk