Strtaegi pemasaran swalayan Pamella dalam perspektif Islam :: Studi kasus Swalayan Pamella Yogyakarta Tahun 2010
SUNJOTO, Arie Rachmat, Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc
2010 | Tesis |Kajian ini mempunyai latar belakang masalah pentingnya pemasaran sebagai kebutuhan perusahaan, adanya pergeseran pemasaran barang dari konvensional ke syariah, Swalayan Pamella merupakan suatu usaha perekonomian yang maju di kota Yogyakarta. Kemajuan Swalayan Pamella ini tentu tidak lepas dari usaha-usaha dan cara-cara perdagangan khusus, diantaranya adalah tata cara memasarkan barang dalam rangka memajukan usahanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memahami lebih mendalam tentang Strategi Pengembangan Pemasaran Swalayan Pamella di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, sehingga sampel yang terpilih adalah 20 responden yaitu mereka yang memahami dan berkecimpung dalam pengembangan strategi pemasaran Swalayan Pamella di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan Matrik Internal-Eksternal dan Analitical Hierarchy Process. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rumusan alternatif strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan strategi pemasaran Swalayan Pamella di Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan identifikasi faktor internal dan eksternal yang dilanjutkan dengan analisis Matrik Internal-Eksternal adalah: 1) Pengembangan dan Peningkatan intensitas jaringan kerjasama; 2) Peningkatan kapasitas distribusi barang; 3) Peningkatan kapasitas ketersediaan barang; 4) Daya beli masyarakat; dan 5 ) Pengembangan diversifikasi barang, Sedangkan berdasarkan Hasil Analisis Lanjutan dengan Analitical Hierarchy Process maka Prioritas strategi pengembangan strategi pemasaran Swalayan Pamella di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dapat dilaksanakan adalah: 1) bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan usaha dan belajar dengan mengikuti pelatihan dan workshop Desperindagkop; 2) mendesain model baru dengan konsep yang menarik konsumen dan menambah varian barang serta membuat promosi sebaikbaiknya; 3) merubah posisi letak barang dan menambah macam barang dengan meningkatkan pelayanan; 4) pengembangan diversifikasi barang, serta sistem distribusi barang, bekerja sama dengan pengusaha kecil dan koperasi pedesaan. Pelaksanaan alternatif srategi memerlukan koordinasi dengan pemerintah, kerjasama dengan pihak lain yang terkait, dan dukungan kebijakan sektor lain seperti ekonomi, sosial, politik dan lain-lain. Hal lain yang perlu dilakukan adalah penerapan ekonomi Islam untuk mencapai tujuan syariah dan membangun bisnis yang barokah.
This research is meant to scrutinize expansion strategy of Pamela Supermarket marketing at Yogyakarta Special Province, covering the marketing urgency for company demands and a marketing shift from conventional system to shari’ah-based one. In order to verify this work, the researcher utilizes surveys with purposive sampling method of 20 respondents who are knowledgeable and involved in expansion strategy of Pamela Supermarket marketing at Yogyakarta Special Province; and collects data through observation, questionnaires, interviews, and documentations which are analyzed by Internal-External Matrix and Analytical Hierarchy Process. The result of research shows that alternative strategic concept used to develop marketing strategy of Pamela Supermarket at Yogyakarta Special Province based on internal and external factors which are analyzed by Internal- External Matrix are: 1) development and improvement of cooperate networking intensity; 2) improvement of product distribution capacity; 3) improvement of product availability capacity; 4) people purchasing power; and 5) development of product diversification. Besides, according to further analyzed result by Analytical Hierarchy Process, priorities of expansion strategy of Pamela Supermarket marketing at Yogyakarta Special Province are: 1) to deal with government – industrial, trade and cooperative agency – to support business operations through workshops; 2) to create new concepts to attract consumers, add product variant, and promote products effectively; 3) to change merchandise position, add product variant, and give good service; 4) to develop product diversification, product distribution system, and work together with small and medium business in villages. To conduct alternative strategy of marketing requires coordination with government and private sectors of economic, social and political fields though the goal of Islamic economic is to pursue shari’ah values and build a blessed business.
Kata Kunci : Strategi pemasaran,Distribusi,Diversifikasi