Presentasi citra diri mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
HENDRASTOMO, Grendi, Drs. Andreas Soeroso, M.S
2010 | Tesis | S2 SosiologiPakaian bagi mahasiswa merupakan sarana untuk mengaktualisasikan citra diri. Ketika dihadapkan pilihan masa depan, mahasiswa akan melakukan kompromi terhadap pencitraan diri. Kondisi ini muncul tatkala mahasiswa dihadapkan pada pilihan perguruan tinggi yang mendidik mahasiswa menjadi calon pendidik. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah perguruan tinggi yang memfokuskan pada dunia pendidikan sebagai pencetak calon-calon pendidik. Selain faktor pengetahuan, aspek kepribadian dan tata kelakuan juga menjadi prasyarat penting untuk menjadi seorang pendidik. Pakaian menjadi salah satu syarat utama untuk menunjukkan citra diri mahasiswa, sehingga pakaian yang dikenakan mahasiswa harus mampu merepresentasikan sikap dan tingkah laku professional mahasiswa sebagai calon pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konstruksi citra diri mahasiswa program studi kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggabungkan dua metode, yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif (mixed methodology), dimana metode kuantitatif digunakan untuk memfasilitasi penelitian kualitatif. Dengan kata lain metode penelitian kualitatif merupakan metode utama sedangkan penelitian kuantitatif digunakan sebagai penunjang penelitian kualitatif. Kerangka teoritik sebagai analisis hasil mengunakan teori behavioristik, interaksionisme simbolik dan kajian budaya melalui habitus dan eksistensialisme. Potret citra diri yang dikembangkan lebih pada hubungannya dengan lingkungan eksternal individu. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran proses pembentukan citra diri banyak mendapat pengaruh dari lingkungan keluarga terutama orang tua. Peran besar keluarga akan mempengaruhi lingkungan pergaulan dan lingkungan akademik, dimana latar belakang sosial, budaya, ekonomi orang tua menjadi faktor yang mendorong terbentuknya citra diri yang positif. Latar belakang pekerjaan orang tua sebagai guru mampu memberikan stimulus yang positif dalam mempengaruhi mahasiswa untuk membangun citra diri yang tinggi. Selain pekerjaan, pendidikan dan kedekatan dengan orang tua juga membantu mahasiswa dalam pembentukan citra dirinya. Penelitian ini juga menemukan pengaruh lingkungan akademik dan pergaulan turut serta mendorong terciptanya citra diri yang positif. Lingkungan sosial yang baik akan mendorong mahasiswa untuk membangun citra diri yang positif, sebaliknya lingkungan sosial yang buruk akan turut serta mempengaruhi citra diri yang dikembangkan. Citra diri yang dibangun, terutama didorong akan kebutuhan profesi sebagai calon pendidik yang salah satunya dinilai dari tampilan pakaian yang dikenakan sehari-hari. Citra diri yang ditampilkan oleh kebanyakan mahasiswa merupakan cerminan diri mahasiswa sebagai calon pendidik yang harus mampu menunjukkan performa diri (etika, sopan santun, kepribadian dan profesionalitas) yang salah satunya di representasikan melalui pilihan pakaian formal dan sopan.
Clothes have become media for self actualization, especially for student. When is faced to future options, students will compromise their self image. This situation occurs when students are faced to higher education which educates the students of becoming educators. Yogyakarta State University (UNY) is one of higher education which focusing in educational world by producing future educators/teachers. Not only the knowledge factor, personality aspect and behavior are the important prerequisites to become an educator. Clothes has become one of main requirement to show the student’s self image therefore the clothes worn by students must be able to represent their professional attitude and behavior as future educators. The purpose of this research is targeted to uncover the self image construction of education program students in Faculty of Social and Economics Science, Yogyakarta State University. Research Method is used by combining the quantitative and qualitative methods (mixed methodology), where the quantitative is used to facilitate the qualitative research. On the other hand, qualitative method is main method while the quantitative is used to support it. Theoretical framework is the result analysis which uses the behaviorist theory, symbolic interactionism and cultural study through habitus and existensialism. Self image portrait is developed more in the relation with individual external environments. The outcome of this research gives the picture of the self image building process has been influenced a lot by family, in especial parents. A big role of parent’s sociocultural and economics background turns out to be the key actors of a positive self image forming. Parent’s teaching background has become a positive stimulant in how student builds a high self image. Furthermore, education and close interaction between parents and child helps student in building the self image. This research also shows the influence of academic environment and society also play role encourage in creating a positive self image. A good social environment will encourage creating a positive self image but on the other hand, a poor one will also influence the self image development. The self image built, mainly encouraged by the profession’s need as future educator/teacher where people will have the tendency to judge a book by its cover. The self images represented by most students are their self actualization of what kind of educator/teacher they will become where they have to be able to show their self performs (ethics, politeness, personality and professional) which is represented by wearing formal and polite clothes.
Kata Kunci : Self image,Clothes,Social environment,Family,Citra diri,Pakaian,Lingkungan sosial