Optimalisasi kualitas tenaga pendidik Seskoad dalam rangka peningkatan SDM TNI-AD
PURDIANTO, Harry, Dr. Armaidy Armawi, M.Si
2010 | Tesis |Lembaga pendidikan Seskoad yang merupakan lembaga pendidikan tertinggi di lingkungan TNI-AD mempunyai peran dan fungsi yang sangat menentukan dalam membentuk dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki sikap perilaku, ilmu pengetahuan dan keterampilan serta jasmani yang samapta, menyadari pentingnya peran Lemdik Seskoad maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi obyektif lembaga pendidikan Seskoad dan kondisi obyektif 10 komponen pendidikan yang ada serta mengembangkan strategi optimalisas terhadap Lemdik Seskoad. Penelitian ini menggunaka metode kualitatif, metode penelitian yang umumnya dipakai dalam penelitian ilmu-ilmu sosial yang berusaha melakukan deskripsi dan interprestasi. Metode ini menekankan pada upaya optimalisasi tenaga pendidik Seskoad dalam rangka peningkatan sumber daya manusia TNI-AD. Metode yang digunakan dalam menganalisa data adalah metode Analisis Deskriptif. Metode ini bertujuan memberikan gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data dan fakta sebagaimana adanya. Adapun hasil penelitian yang didapat sebagai berikut :Dalam rangka membangun struktur dan kultur organisasi TNI ADyang profesional, efektif, efisiendan modern, (PEEM)Seskoad bertanggungjawab menyiapkan pemimpin masadepan yang memiliki kompetensi inti (core competency), kompetensi generik(generic competency) dan kompetensi khusus (specific competency) sertakeahlian profesional (professional expertise).Dalam rangka mendidik prajurit TNI AD yang profesional dan memiliki kompetensi dalam menjalankan tugasnya, kedepan perlu dipikirkan untuk membentuk lembaga pendidikan tinggi militer strata S-2, mengingat beberapa perguruantinggi neger telah berani membuka program pendidikan Magister Pertahanan yang muatan pelajarannya berkaitan dengan masalah pertahanan dan ilmu-ilmu militer.Pemerintah dapat mendukung pembangunan profesionalisme TNI ADsecara sungguh-sungguh melalui peningkatan anggaran hingga mencapai 5 %atau lebih dari PDB untuk melengkapi kebutuhan pendidikan danlatihan, persenjataan, fasilitas pendukung, serta menjamin kesejahteraan prajurit TNI. Kondisi lembaga pendidikan Seskoad sebagai lembaga pengkajian strategik di lingkungan TNI AD yang bertugas mengkaji dan mengembangkan matra darat dan masalah strategi sebagai masukan kebijakan pembinaan unsur-unsur di jajaran TNI AD maupun yang bersifat peningkatan dan pengembangan kualitas eksistensi TNI AD sebagai pengawal, penegak dan penyelamat kedaulatan, keutuhan dan keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini perlu ditunjang oleh tenaga pendidik yang profesional dibidangnya.
Army Command and Staff Collage is the highest education level in Indonesian Army education environment that has critical role and function in developing and improving human resource that have military ethic, knowledge, skills and also physical readiness. Based on this importance role, this research has purpose to observe Command and Staff College as educational environment and 10 educational components objectively, furthermore, to develop an optimum strategy for this education institute development. This research utilizes qualitative method which commonly used for social sciences that try to present Army Command and Staff College description and interpretation. This method emphasizes Army Command and Staff College educator element in order to enhance Indonesian Army Human resources quality. This method is also providing a clear picture of observed object through real data and facts. The result of this research are as follow; In order to develop professional, effective, efficient and modern organizational structure and culture, Army Command and Staff College has responsibility preparing future leaders who have core competency, generic competency, specific competency and professional expertise. To train and educate Indonesian Army Soldiers who are professional and having competencies in implementing their jobs, so, require being considered of master degree military education institution development. As we are all know, several National universities have already opened the opportunity for civilian to gain master degree in Defense knowledge and military science. Government is expected to support Indonesian Army professionalism development by increasing 5 % or more of defense budget in order to equip education necessities, training facilities, armament, and other support facilities and to guarantee soldiers welfare. Army Command and Staff College condition as a strategic study institution in Indonesian Army education environment has responsibility to learn and develop land forces element and strategic issues as suggestion and consideration for Army Leaders in developing Indonesian Army Units. This relates to Indonesian Army Role to guard, to maintain and to up hold the integrity of Archipelago country home land of Indonesia. Important
Kata Kunci : Tenaga pendidik,Pembinaan personel,Sumberdaya manusia, Educators, Personnel Development, Human resources.