Laporkan Masalah

Keefektifan metode gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan mengarang narasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V Sekolah Dasar

SHINTA, Prof. Dr. Amitya Kumara

2010 | Tesis | S2 Magister Sains Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode gambar berseri terhadap kemampuan mengarang narasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah berjumlah 60 siswa yang merupakan siswa-siswi kelas V di dua buah sekolah dasar. Subjek terdiri dari dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 30 siswa. Satu kelompok sebagai kelompok eksperimen yang diberi pengajaran dengan strategi pengurutan gambar seri dalam pelajaran mengarang satu kelompok sebagai kelompok kontrol yang diberi pengajaran mengarang dengan strategi secara konvensional. Penentuan kelas sebagai kelompok kontrol ataupun eksperimen dilakukan secara random. Semua siswa baik dari kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol diberi tes mengarang sebanyak dua kali, pertama ketika penelitian dimulai kedua kelompok samasama diberi tes mengarang secara konvensional. Kemudian setelah 3 minggu kedua kelompok diberi lagi tes mengarang dengan perbedaan strategi, kelompok kontrol dengan metode konvensional sedangkan kelompok eksperimen dengan metode pengurutan gambar berseri. Peningkatan kemampuan siswa dalam mengarang didapatkan dengan mengurangkan nilai tes akhir dengan nilai tes awal yang kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode gambar berseri efektif dalam meningkatkan kemampuan mengarang narasi siswa kelas V Sekolah Dasar.

This research aims to find out the effectiveness of the serial picture method utilization toward the ability of making narrative story on students in Grade V of Elementary School. The subject research is 60 students in Grade V in two elementary schools. One group was as experimental group which was given the teaching with the method of serial pictures in making story while other group was as control group which was asked to make the narrative story with conventional method. The class determination as control group and experimental group was conducted randomly. All students, both from experimental group and control group, were given making story test twice. First, when the research was started, both groups were given making story test conventionally. After that, 3 weeks later, both groups were given the same test but in different strategy, control group with conventional method while experimental group with serial picture ordering method. The ability improvement of students in making story was obtained by reducing the final result of the test and the initial score which was then analyzed with t-test. The result of this research showed that there is difference between experimental group and control group . Therefore, it can be obtained that the use of serial picture method effectively can improve the ability of students in Grade V of Elementary School in making narrative story.

Kata Kunci : Metode gambar berseri,Kemampuan mengarang


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.