Perbedaan kompetensi sosial anak berdasarkan tipe pendidikan prasekolah
MUNTHE, Ricca Angreini, Prof. Dr. Endang Ekowarni
2010 | Tesis | S2 Magister Sains PsikologiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran tipe pendidikan prasekolah dalam kompetensi sosial anak. Dua hipotesis diajukan untuk menguji perbedaan kompetensi sosial anak dengan tipe pendidikan prasekolah penuh waktu dan paruh waktu. Subjek penelitian ini adalah 209 orang anak usia lima sampai dengan enam tahun yang mengikuti salah satu tipe pendidikan prasekolah (paruh waktu atau penuh waktu) yang berasal dari enam Taman Kanak-kanak di Yogyakarta (Budi Mulia I Kaliurang, Primagama Kaliurang, ABA Purwodiningratan, Nurul Islam Ringroad Barat, BIAS Kaliurang, dan Budi Mulia Dua Seturan). Data penelitian diperoleh dengan menggunaka skala kompetensi sosial, kuesioner keluarga dan dokumentasi sekolah. Skala kompetensi sosial dinilai oleh guru kelas dengan menggunakan teknik interrater. Jumlah item pada skala kompetensi sosial adalah 30 item. Setelah uji coba terdapat 4 item yang gugur. Daya beda item berkisar dari 0,303-0,581 dengan angka reliabilitas 0,890. Sedangkan nilai reliabilitas antar rater berkisar antara 0,867-0,998. Hasil ANCOVA, diperoleh kesimpulan hasil penelitian bahwa: (1) ada perbedaan kompetensi sosial anak dengan tipe pendidikan prasekolah paruh waktu dan penuh waktu. Kompetensi sosial anak dengan tipe pendidikan prasekolah penuh waktu lebih tinggi daripada kompetensi sosial anak dengan tipe pendidikan prasekolah paruh waktu (F = 21,612; p = 0,000). (2) tidak ada korelasi antara kompetensi sosial anak yang berusia lima tahun sampai dengan enam tahun (F = 1,781; p = 0,184).
This study was intended to reveal the role of preschool education’s types on children social competence. Two hypotheses was generated to test the difference of children social competence with half day and full day preschool education’s types. Subject were 209 children 5-6 years old from 6 kindergartens fullday and halfday in Yogyakarta (Budi Mulia I Kaliurang, Primagama Kaliurang, ABA Purwodiningratan, Nurul Islam Ringroad Barat, BIAS Kaliurang, dan Budi Mulia Dua Seturan). Data were collected by administering social competence scale, family quesionaire, and preschool’s documents. The item number of social competence scale are 30. validity test result four item failed with discriminate item value ware 0,303-0,581 and reliability was 0,890. Beside that the interrater reliabily were 0,867-0,998. By means ANCOVA, the following result showed: (1) children social competence between fullday and halfday preschool was different (F = 21,612; p = 0,000). (2) children social competence and age wasn’t correlation (F= 1,781; p = 0,184).
Kata Kunci : Kompetensi Sosial, Tipe Prasekolah, Social competence, Preschool education’s types