Laporkan Masalah

"Sistem tutor bahasa Mandarin berbasis multumedia dengan pengecekan intonasi suara berdasarkan ciri energi pada domain waktu"

OCTAVIANI, Dewi, Drs. Agus Harjoko, M.Sc

2010 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Sejak beberapa tahun belakangan ini Bahasa Mandarin menjadi bahasa yang diperlukan dalam pergaulan Internasional di berbagai bidang kehidupan seperti, pendidikan, ekonomi, politik maupun komunikasi, yang menandakan bahwa penguasaan Bahasa Mandarin menjadi nilai tambah tersendiri dalam perluasan kesempatan kerja dan usaha, perluasan wawasan serta peningkatan kualitas diri. Penggunaan multimedia sebagai media bantu dalam mempelajari Bahasa Mandarin dipercaya mampu meningkatkan daya imajinasi siswa dalam mencerna materi yang disampaikan, karena penyampaian materi melalui visualisasi multimedia akan lebif efektif dibandingkan dengan penyampaian secara monoton. Seorang pemula yang baru mempelajari Bahasa Mandarin sangat penting untuk menguasai cara pengucapan huruf-huruf Mandarin sesuai dengan aturan nada yang berlaku. Penelitian ini akan menyampaikan tentang perancangan dan implementasi sistem multimedia interaktif yang mengintegrasikan kekuatan media audio visual dengan teknologi komputer yang mampu menginformasikan, menyampaikan kebutuhan para pengguna akan informasi pembelajaran materi dasar Bahasa Mandarin yang terdiri dari empat bab yaitu : yuyin, sheng diao, haoma, dan sheng ci. Sedangkan untuk mengevaluasi seorang siswa mampu mengucapkan huruf Mandarin sesuai aturan nada yang berlaku dengan pengecekan kemiripan suara user dengan suara sumber berdasarkan ektraksi suara pada domain time. Fitur yang digunakan untuk ekstraksi ciri adalah energi dari suara sample dan suara uji. Hasil implementasi memberikan sebuah penyajian materi pelajaran Bahasa Mandarin yang divisualisasikan dalam komponen multimedia yaitu teks, gambar, suara, video, dan animasi serta media untuk mengevaluasi kebenaran user dalam melafalkan huruf Mandarin sesuai dengan aturan nada yang benar. Keberhasilan media belajar diuji dengan metode angket kepada responden yang merupakan sasaran dari penelitian ini.

In the past few years Mandarin becomes the language needed for the International intercourse in various areas of life such as education and political economy or communication indicating that mastery of Mandarin added value in the expansion of employment opportunities and business expansion and improvement of the quality of self-insight. Use of multimedia as a medium to help in learning Mandarin believed to enhance the students imagination of in digesting the material presented, for the delivery of multimedia content over the visualization will be more effective than monotone delivery. For beginners who just learned to master, the Mandarin intonation of the letters are very important thing to learn. This study will be presented about proposed design and implementation of a multimedia system packaged in interactive form which integrates the power of interactive audio-visual media with computer technology that can inform, convey the information of basic Mandarin language learning material which consists of four chapters, namely: Yuyin, Sheng Diao, Haoma, and Sheng Ci, needed by users. Meanwhile, to evaluate the students capable of articulating standards of Mandarin characters performed by checking the similarity of user voice intonation and the source voice based on the voice extraction. Features used for this extraction is the energy from samples's voice and specimens voice. The results of Implementation give a presentation of the Mandarin language learning materials visualized in the multimedia components of text, images, sound, video, and animation, also the media to evaluate the accuracy of the user in pronouncing the mandarin words according to intonation rules. The success of learning mediatested with questionnaire method to the respondents who became the target of it’s research.

Kata Kunci : Pendidikan,Bahasa Mandarin,Multimedia,Energi suara


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.