Laporkan Masalah

Penggunaan 'Closing The Gap' untuk meningkatkan kemampuan menjumlah pada anak down syndrome

PRAWITASARI, Sukma, Prof. Dr. Sartini Nuryoto, Psi

2010 | Tesis |

Kemampuan berhitung merupakan salah satu life skill yang akan mendukung anak down syndrome dalam kehidupannya sehari-hari. Menjumlah adalah salah satu bagian dari berhitung. Alat bantu aneka warna dan bentuk akan mendukung proses belajar pada anak down syndrome karena mereka memiliki visual kognitif yang baik. Salah satu metode untuk mengajarkan menjumlah adalah dengan menggunakan Closing the gap. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menjumlah pada anak down syndrome. Subjek penelitian dua orang anak down syndrome yaitu Fh dan Nn yang mampu mengenal bilangan, tetapi belum dapat mengoperasikannya dalam bentuk penjumlahan. Subjek Fh berusia 16 tahun dan IQ 31. Subjek Nn berusia 18 tahun dan IQ 38. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen multiple baseline across subject. Metode analisis yang digunakan adalah visual .

Numeracy is one life skill that will support children with down syndrome in their daily living. Sum is one part of the counting. Tools of different colors and shapes will support learning in children with down syndrome because they have a good visual cognition. One method to teach is by using Closing the gap. This research aims to improve the ability of adding on children with down syndrome. Research subjects are two children with down syndrome (Fh and Nn) able to recognize numbers, but not yet able to operate in the form of a sum. Fh aged 16 years and IQ of 31. Nn aged 18 years and IQ of 38. This study uses a multiple baseline experimental design across subject. The data is analyzed with visual analysis

Kata Kunci : Down syndrome,Ability to adding,Closing the gap


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.