Pengaturan frekuensi hibrid turbin angin dan diesel dengan algoritma genetika
ABIDIN, Zainal, Ir.Soedjatmiko, M.Sc
2010 | Tesis | S2 Teknik ElektroSistem hibrid adalah jaringan terkontrol oleh beberapa pembangkit tenaga energi terbaharukan seperti : turbin angin, sel surya, mikrohidro dan sebagainya. Kenyataan di lapangan bahwa terjadi perbedaan fluktuasi frekuensi yang mempengaruhi kualitas daya sistem. Ada beberapa permasalahan yang dapat meningkatkan osilasi frekuensi rendah. Di antaranya : (a) Tingginya setting gain dan kecilnya waktu konstan pada Automatic Voltage Regulator, (b) Terlalu banyak jaringan transmisi yang panjang sehingga kemampuan lemah (weak line). Dalam penelitian ini diterapkan desain kontrol dengan Algoritma Genetika dengan mencari nilai optimum Proporsional Intergral (PI) untuk mengatur frekuensi beban dengan program Matlab/ Simulink. Selanjutnya mengubah fungsi transfer dari diagram turbin angin dan diesel ke dalam bentuk matrik dan diaplikasikan dalam M-File algoritma genetika untuk mendapatkan nilai kontrol dengan melakukan tuning damping ratio dan real part untuk mendapatkan ovreshoot dan rise time yang optimal. Semakin minimum real part, semakin cepat respon sistem. namun jika diminimumkan terus akan mengurangi damping ratio sehingga memperbesar overshoot. Nilai kontrol dengan metode algoritma genetika dapat melakukan tuning optimisasi dengan pembangkitan hingga 100 generasi sebanyak 4 tahap. Respon sistem dengan Simulink/ Matlab dengan membandingkan dengan sistem tak terkontrol menunjukkan bahwa overshoot dan respon steady state pada sistem terkontrol algoritma genetika lebih cepat
Hybrid systems are network controlled from any source renewable plant system such as wind turbine, photovoltaic, microhydro, etc. In practice, there are differences of frequency fluctuation are effect to power quality of system. There are my problems become increase of low frequency oscillation. There are : (a) higher setting gain and low of time constant in Automatic Voltage Regulator (AVR), (b) many long transmission lines making weakline. In this study, design of controll with genetic algorithm to make optimum fittness of proportional integral (PI) to control of load frequency with Matlab/Simulink.Building of transfer function from diagram systems of wind and diesel to matrix and applicated to M-File for genetic algorithm is to get controlled for both damping ratio and real part tuning for reach overshoot and rise time better. Minimizing real part response system being faster. To show damping ratio response and real part must be simulated range of them. Genetic algorithm as proposed control can activate tuning optimization fot test control with 100 generations. Finnaly, test of stability sistem with Simulink/Matlab compared between uncontrolled system. In the simulation, overshoot and steady state respon system become faster from uncontrolled system
Kata Kunci : Algoritma geentika,Pengaturan frekuensi beban