Hubungan pembelajaran berpusat pada mahasiswa dan locus of control internal dengan belajar berdasar regulasi diri pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma
SELAROSA, Citrandika Krisandua, Prof. Dr. Asmadi Alsa
2010 | Tesis | S2 Magister Sains PsikologiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran berpusat pada mahasiswa dan locus of control internal dengan belajar berdasar regulasi diri pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Hipotesis penelitian ini menyatakan ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran berpusat pada mahasiswa dan locus of control internal dengan belajar berdasar regulasi diri. Subjek dalam penelitian ini adalah 50 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma yang mengikuti kelas mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket untuk skala pembelajaran berpusat pada mahasiswa, skala locus of control internal, dan skala belajar berdasar regulasi diri. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berpusat pada mahasiswa dan locus of control internal berhubungan dengan belajar berdasar regulasi diri yakni sebesar 0,404 dengan sumbangan efektif sebesar 40,4 %. Nilai korelasi pembelajaran berpusat pada mahasiswa dan locus of control internal dengan belajar berdasar regulasi diri sebesar 0,635 dengan signifikansi ,000 (p <,01).
The aim of this research is to find out the relation between student centered learning with internal locus of control and self regulated learning on university student of Faculty of Psychology Sanata Dharma University. Subjects of the research are 50 university students who takes Education of Psychology class in Faculty of Psychology Sanata Dharma University. Data were collected using self regulated learning scale, student centered learning scale, and locus of control internal scale. The data were analyzed using two predictors regression. The hypothesis for this research said that there is a significant correlation between student centered learning , internal locus of control and self regulated learning. Result from the data analysis shows that student centered learning with internal locus of control have a correlation with self regulated learning for 40,4%,. The coefficient corelation for student centered learning with internal locus of control and self regulated learning is 0,635 with p values ,000 (p < ,01).
Kata Kunci : pembelajaran berpusat pada mahasiswa, locus of control internal, belajar berdasar regulasi diri, student centered learning, internal locus of control, self regulated learning