Implementasi corporate social responsibility dalam perspektif etika bisnis Islam :: Studi kasus pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang
FIKRIAWAN, Suad, Prof. Dr. Slamet Sugiri, MBA., Akt
2010 | Tesis | S2 Agama dan Lintas BudayaImplementasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia mengalami beberapa kendala diantaranya adalah belum adanya konsep yang baku dalam mendefinisikan istilah CSR, kemudian regulasi yang mewajibkan adanya aktivitas CSR pada setiap perusahaan Perseroan Terbatas yang bergerak atau terkait dengan sumber daya alam masih bersifat umum dan belum dapat dijabarkan secara terperinci sehingga belum mampu dilaksanakan dengan baik, akibatnya implementasi CSR pada beberapa perusahaan besar di Indonesia masih dalam tingkatan charity atau filantropi biasa, atau hanya sekedar untuk menutupi citra buruk perusahaan di mata publik. Oleh karena itu ketika saat ini banyak perusahaan yang menjalankan aktivitas usahanya dengan mengusung nilai-nilai islam sebagai pondasinya, salah satunya adalah Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang, maka bagaimana jika implementasi CSR dilakukan oleh perusahaan yang berbasis nilai Islam dalam operasi usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Analisa data yang peneliti gunakan adalah dengan metode reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi CSR di RSI Sultan Agung dalam perumusan program kerja belum dilakukan dengan optimal terbukti bahwa pelaksanaan perencanaan CSR dengan menggunakan balanced scorecard masih dalam tingkatan company scorecard. Sehingga pelaksanaan CSR masih terpusat pada tingkatan manajer bukan pada scorecard pribadi masing-masing karyawan. Sehingga karyawan masih dalam tingkatan pelaksana program manajer. Kemudian dalam perspektif Etika Bisnis Islam, implementasi CSR di RSI Sultan Agung memiliki kesesuaian dengan beberapa nilai dasar islami diantaranya adalah nilai dakwah, nilai keadilan, nilai khilafah, nilai takaful, kemudian nilai kepedulian, nilai ukhuwah, dan nilai profit dan benefit.
Implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) conducted by firms in Indonesia has experienced several obstacles include the lack of a standard concept in defining the term CSR, then the regulation which requires the existence of CSR activities in each company Limited Liability Company which is engaged with or related to natural resources still a general nature and can not be described in detail so unable executed properly, resulting in CSR implementation at several large companies in Indonesia is still in normal levels of charity or philanthropy, or just to cover the company a bad image in the public eye. Therefore when the moment many companies that run their business activities, by bringing the values of Islam as the foundation, one of them is the Islamic Hospital of Sultan Agung, Semarang, so what if the implementation of CSR by companies based on Islamic values in its business operations. This study uses a qualitative approach and the kind of case study research. Researchers use data analysis methods is data reduction, data presentation and decision conclusion. The results of this study is that the implementation of CSR in the Great Sultan of RSI in the formulation of work programs have not been proven that the optimal implementation of CSR planning using balanced scorecard is still in the company level scorecard. So that the implementation of CSR is still concentrated at the level of managers rather than on a personal scorecard of each employee. Therefore, they are still in the program manager level. Later in the perspective of Islamic Business Ethics, CSR implementation in RSI Sultan Agung has compatibility with some basic Islamic values such as the value of propaganda, the value of justice, the value of empire, the value of takaful, then the value of caring, ukhuwah values, and the value of profit and benefit.
Kata Kunci : Implementasi,Corporate social responsibility,Etika bisnis Islam, Implementation, Corporate Social Responsibility, Islamic business ethics