Laporkan Masalah

Pengembangan sistem student relationship management (SRM) dan penerapannya pada perguruan tinggi di Indonesia :: Studi kasus MTI UGM Yogyakarta

HANDARKHO, Yonathan Dri, Ir. Rudy Hartanto, M.T

2010 | Tesis | S2 Magister Teknologi Informasi

Penerapan teknologi informasi di perguruan tinggi di Indonesia saat ini lebih mengarah dan terpusat pada area administratif dan manajemen saja. Hal tersebut berdampak pada ketidak adaannya suatu sistem khusus yang bertujuan untuk memantau dengan detail proses aktivitas akademik mahasiswa dikelas. Padahal dari proses observasi terhadap aktivitas akademik mahasiswa dapat diperoleh suatu knowledge atau pengetahuan yang dapat digunakan oleh pihak pengelola (kampus) untuk mendukung performa aktivitas akademik dari mahasiswa yang bersangkutan. Dari isu tersebut maka muncullah sebuah konsep yang bernama SRM. SRM (Student Relationship Management) adalah sebuah sistem yang bertujuan menangani dan mengelola relasi antara perguruan tinggi dengan mahasiswa untuk mendapatkan suatu pengetahuan yang berguna bagi kedua belah pihak terutama bagi pihak mahasiswa. Nantinya pengetahuan tersebut dapat digunakan untuk mendukung performa dari aktivitas akademik mahasiswa yang bersangkutan menuju ke arah yang lebih baik. Aplikasi SRM yang dikembangkan pada penelitian ini didasarkan pada teknologi infrastruktur yang secara tradisional mendukung Business Intelligence. Data yang digunakan pada penelitian kali ini adalah data aktivitas akademik dari mahasiswa MTI UGM Yogyakarta. Data data tersebut akan disimpan di dalam basis data dimensional yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan metode fuzzy classification untuk mengidentifikasi pola pola aktivtas akademik yang terjadi. Hasil analisis yang diperoleh akan digunakan untuk membantu pihak perguruan tinggi dalam menentukan tindakan apa yang tepat untuk meningkatkan performa dari aktivitas akademik mahasiswa tersebut.

Currently, application of Information Technology in higher education in Indonesia is more directed and focused on administrative and management areas only. This was resulted in no system which aims to monitor in detail the process of student's academic activities in the class available. On the other hand, through a process of observation against student's academic activities, college can obtain knowledge that can be used to support and work up in improving the performance of student's academic activities . Based on these issues, there is a concept called the SRM. SRM (Student Relationship Management) system was inspired by the CRM (Customer Relationship Management), which handles and manages the relationship between colleges and students to gain knowledge that are useful to both parties, especially for students. Furthermore this knowledge can be used to support and improvimg students' academic performance. SRM applications which were developed in this study based upon the technological infrastructure that traditionally supports the Business Intelligence. The datas that used in this research came from datas of MTI UGM student's academic activities. This datas will be stored in a dimensional database which will be analyzed by using fuzzy classification method for identifying patterns of academic activities that occurred. The result of process analysis will be used by college to determine the appropriate action for students and to improve the performance of academic activities of the students'.

Kata Kunci : Aktivitas akademik,Knowledge,Performa,SRM,Business intelligence,Fuzzy classification,academic activities, knowledge, performance, SRM, Business Intelligence, fuzzy classification.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.