Laporkan Masalah

Analisis kebutuhan pengembangan pelayanan kesehatan jiwa di Balai Kesehatan Jiwa Masyarakat Kalana Atei Propinsi Kalimantan Tengah

IRIAWAN, Fery, dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH, Dr.PH

2010 | Tesis | S2 IKM-Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan

Latar Belakang: Balai Kesehatan Jiwa Masyarakat “Kalawa Atei” sebagai salah satu sarana pelayanan publik milik pemerintah wajib melayani publik dengan memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang bermutu. Peningkatan jumlah penderita gangguan jiwa secara umum di wilayah Kalimantan Tengah, serta masih banyaknya penderita gangguan jiwa di wilayah Kalimantan tengah yang mendapatkan perawatan dipanti jiwa milik swasta bahkan di Rumah Sakit Jiwa di provinsi tetangga, Kalimantan Selatan merupakan bagian dari kebutuhan masyarakat. Tuntutan dan keinginan masyarakat menjadi tantangan bagi BKJM Kalawa Atei untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang optimal. Kepedulian kepada pelanggan ditunjukkan dengan adanya upaya untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat serta melakukan peningkatan pelayanan dan kinerja organisasi. Tujuan Penelitian: Mengetahui kebutuhan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan jiwa, sebagai upaya pengembangan pelayanan di Balai Kesehatan Jiwa Masyarakat “Kalawa Atei” Provinsi Kalimantan Tengah. Metode Penelitian: Penelitian deskriptif dengan rancangan studi kasus. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen, dan dianalisis secara deskriptif dengan sistematis. Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian ini memperlihatkan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang bermutu terhadap ketersediaan dan kelengkapan layanan yaitu: layanan rawat inap, rehabilitasi, serta layanan penunjang termasuk sarana dan prasarana. Kesimpulan: Kebutuhan masyarakat untuk mendapat layanan yang bermutu di Balai Kesehatan Jiwa Masyarakat Kalawa Atei hanya bisa di jawab dengan pengembangan BKJM Kalawa Atei termasuk peningkatan status menjadi Rumah sakit Jiwa

Background: Community Mental Health Center "Kalawa Atei", as one of government-owned public service, has to serve the public by providing qualified mental health services. The increase number of people which is suffered mental disorders in Central Kalimantan generally, and still many mental disorder people in the region of Central Kalimantan are getting treatment at private mental disorder nursing, even more, in the Psychiatric Hospital of neighboring province, South Kalimantan is a part of the community needs. Demands and desires of the community are a challenge for BKJM Kalawa Atei to provide mental health services optimally. Concerning for customers which is shown by the effort to accommodate the needs of the community and make Improvements in services and organizational performance. Objectives: To know the needs of customers on mental health services, as the efforts of service development in the Community Mental Health Center "KalawaAtei" Central Kalimantan Province. Methods: Descriptive research by a case study design. The data is collected in the form of qualitative data. Data is gathered by interviews deeply, observation, and study documents, and analyzed in both descriptively and systematically. Results: The results of this study show the public’s need in obtaining qualified services for the availability and completeness of services: inpatient services, rehabilitation, and supported services including facilities and infrastructure.

Kata Kunci : Kebutuhan pelanggan, Pengembangan pelayanan, Balai Kesehatan Jiwa Masyarakat, Kesehatan jiwa, Customer needs, Development services, Community Mental Health Center, Mental health


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.