Laporkan Masalah

Pengaruh bimbingan orang dewasa dan diskusi teman sebaya dengan peraga media visual terhadap keselamatan pejalan kaki anak

WIBOWO, Satrio Budi, Prof. Thomas Dicky Hastjarjo, Ph.D

2010 | Tesis | S2 Magister Sains Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh bimbingan orang dewasa terhadap keselamatan pejalan kaki anak, (2) menguji pengaruh diskusi antar teman sebaya terhadap keselamatan pejalan kaki anak, dan (3) menguji perbedaan pengaruh antara bimbingan orang dewasa dengan diskusi antar teman sebaya terhadap keselamatan pejalan kaki anak. Instrumen yang dipakai untuk mengambil data adalah observasi perilaku menyeberang jalan anak. Responden penelitian adalah 75 pelajar kelas 4 SD Muhammadiyah Sokonandi di Kota Yogyakarta. Matching random dilakukan untuk membagi subyek ke dalam kelompok bimbingan orang dewasa (25 siswa), kelompok diskusi antar teman sebaya (25 siswa), dan kelompok kontrol (25 siswa). Data dianalisis dengan teknik statistik analisis varian campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orang dewasa dan diskusi antar teman sebaya memberikan pengaruh yang sangat signifikant terhadap peningkatan keselamatan pejalan kaki anak. Bimbingan orang dewasa mampu memberikan pengaruh sebesar 86% dalam meningkatkan keselamatan pejalan kaki anak, sedangkan diskusi antar teman sebaya mampu memberikan pengaruh sebesar 91%, namun tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang dewasa dengan diskusi antar teman sebaya dalam meningkatkan keselamatan pejalan kaki anak.

The aim of this reserach was (1) to examine the influence of adult guidance toward child pedestrian safety, (2) to examine the influence of peer discussion toward child pedestrian safety, and (3) to examine the differences influence between peer discussion and adult guidance toward child pedestrian safety. The main instrument as tool to collect the data in this research was crossing behavior observation. The 75 responden of this study were selected from grade 4, SD Muhammadiyah Sokonandi, Yogyakarta. Matching random was used to pairs subject in adult guidance group (25 students), peer discussion group (25 stdents), and control group (25 students). The obtained data were then computed by analysis of variance mixed design. The result of this study were adult guidance and peer discussion gave significant influence toward child pedestrian safety. Adult guidance gave influence 86%, and peer discussion gave influence 91%, but there was no signifikant differences among influence of adult guidance and peer discussion toward child pedestrian safety.

Kata Kunci : Keselamatan pejalan kaki, bimbingan orang dewasa, diskusi antar teman sebaya, media visual, Pedestrian safety, adult guidance, peer discussion, visual media


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.