Laporkan Masalah

Strategi perencanan sistem informasi pengelolaan dan pengoperasian penerimaan, penimbunan dan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar khusus (BBK)

MURAHMANTA, Hery, B.M. Purwanto, Dr., MBA

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk merencanakan kebutuha n sistem informasi untuk memenuhi kekurangan kebutuhan pada kondisi saat ini dan masa mendatang, memberikan rekomendasi desain sistem informasi yang dapat mengoptimalkan sistem aplikasi yang ada serta untuk pemenuhan kebutuhan masa depan dengan efisien. Analisa dilakukan disuatu depo area yang digunakan untuk menerima, menimbun dan menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar khusus (BBK). Melalui perjanjian No 024/F0000/2008-S8 tanggal 21 Oktober 2010, PT. Patra Niaga ditunjuk sebagai pelaksana pengelolaan dan pengoperasian depo tersebut. Analisa yang dilakukan dengan menganalisa kondisi saat ini, menganalisa strategi perencanaan sistem informasi (SI) masa mendatang, analisis value chain untuk menggambarkan keterkaitan suatu rangkaian kegia tan bisnis guna mengetahui kebutuhan SI, analisis critical success factors (CSFs) untuk identifikasi tindakan-tindakan guna mendukung tujuan strategis. Analisis SWOT dan portfolio sistem informasi untuk menentukan peran aplikasi dan desain arsitektur SI. Hasil analisis value chain dapat diidentifikasi lima aktifitas utama yaitu: penerimaan, penimbunan, layanan jual, penyaluran dan layanan jasa. Aktifitas pendukung berupa administrasi keuangan, pembuatan laporan distribusi, pelaksanaan audit mutu dan pelaksanaan penilaian kinerja. Dari analisis CSFs dapat diidentifikasi tujuan strategis berupa mempertahankan pangsa pasar, mendistribusikan BBM dengan tepat waktu, tepat jumlah dan tepat mutu, menekan biaya distribusi per liter dan meningkatkan angka kepuasan pelanggan. Dari hasil ini didapat portofolio sistem informasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan dan pengoperas ian pada kondisi sekarang dan masa mendatang

This Study aimed at planning the needs for information systems in answering the lack of those needs in the current and future conditions, giving a recommendation in the information system design which can optimize the existing application systems, and fulfilling the future needs efficiently. The analysis was conducted in an area depot occupied for receiving, stockpiling, and distributing Oil and special Fuel. Through Agreement number 024/F0000/208-S8 dated 21st October 2010, PT. Patra Niaga was assigned as an organizer in the managing and operating the depot. Current condition analysis, planning strategy analysis for the future information systems, value chain analysis for describing the business circuit interconnection in ascertaining system information needs, critical success factor (CSFs) analysis for identifying the actions supporting the strategic objective were applied in this study. Analysis of SWOT and portfolios of Information System were exploited to determine the roles of the application and design of information system architecture. The result of value chain analysis could be identified by five main activities namely, receiving, stockpiling, selling services, distribution, and services. The supporting activities are financial administration, preparing distribution report, implementation of quality audit, and implementation of workplace assessment. From SCFs analysis can be identified the strategic objective, namely maintaining market share, distributing oil on time in the right amount and in the appropriate quality, pushing the distribution cost per litre and improving customer satisfaction rate. As the result, portfolio of information system needed for management and operation in the current and future conditions is obtained.

Kata Kunci : Strategi perencanaan,Sistem informasi,Value chain,Critical success factors,Aktifitas utama, planning strategy, information system, value chain, critical success factors, primary activities, support activities, information systems portfolio


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.