Laporkan Masalah

Strategi pemasaran komputer CV Nusa Solusi Prima di Kota Balikpapan

JULIATI, Budhi Nugroho, Naila Zulfa, SE, MA

2010 | Tesis | S2 Magister Manajemen

CV Nusa Solusi Prima merupakan sebuah perusahaan yang berdiri di akhir tahun 2008 di Balikpapan. Perusahaan ini bergerak di bidang penjualan alat-alat teknologi informasi beserta jasa perawatannya. Perusahaan ini masih belum memiliki strategi pemasaran yang terencana dan terintegrasi. Mengingat strategi pemasaran yang terencana dan terintegrasi merupakan salah satu kunci kesuksesan pencapaian target penjualan suatu perusahaan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran komputer CV Nusa Solusi Prima di kota Balikpapan di tahun 2010. Beberapa data yang dipakai sebagai landasan tesis ini mengembangkan strategi pemasaran adalah data potensi pasar Balikpapan, preferensinya pasar terhadap produk komputer, kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan, ancaman dan kesempatan yang dihadapi perusahaan, dan data penjualan perusahaan tahun 2008 dan 2009. Data-data tersebut diperoleh dari hasil wawancara dan dari sumber-sumber lain di internet. Terdapat empat target pasar yang disasar perusahaan, yaitu kelompok pelajar setingkat SLTA dan mahasiswa, kelompok orang tua dengan anak usia TK, SD, dan SLTP, kelompok pekerja dan yang terakhir adalah kelompok usaha kecil menengah. Keempat target pasar tersebut menjadikan spesifikasi sebagai faktor utama yang dipertimbangkan pada saat akan membeli komputer. Sedangkan dalam memilih penjual, keempat target pasar tersebut mengutamakan membeli dari penjual dengan layanan purna jual yang bagus.

CV Nusa Solusi Prima was established at the end of 2008 in Balikpapan. The company is selling all kinds of information technology product with its maintenance service. Until this thesis is writen, the company hasn’t possed an intregrated marketing strategy, which is an important strategy in the effort for increasing revenue of company. The objective of this thesis is for developing a marketing strategy for computer product which will be applied by CV Nusa Solusi Prima in Balikpapan for year of 2010. The thesis is using several data from internet to measure the size of computer market in Balikpapan, doing interview with selected members of the market to find out their preference when buying a computer, analyzing strengths and weakneses of the company, analyzing opportunities and threats facing by the company, and colelcting previous years company financial data. Those data are used as reference for developing the marketing strategy. Following are markets the company is targeting: high school students and university students, parents with children at kindergarden or elementry or junior school, employees, and small businesses. All of those target markets put specification as main consideration when buying a computer. They also have same criteria for selecting a computer seller. They prefer buying computer from seller who has outstanding after sales service.

Kata Kunci : Strategi pemasaran,Komputer,Kota Balikpapan,Marketing strategy,computer,Balikpapan.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.