Online exposure dan kebutuhan sosialisasi individu
ARIYANTI, Dewi, Drs. Nunung Prajarto, M.A., Ph.D
2010 | Tesis | S2 Ilmu KomunikasiPenelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jejaring sosial facebook sebagai alat komunikasi.. Program interaksi sosial ini telah menempatkan Facebook sebagai sarana utama proses komunikasi nonverbal antar sesama sehingga dengan adanya proses tersebut komunikasi antarpersonal yang telah lama tidak terjalin atau pun yang baru akan dengan mudah tercipta. Faktanya bahwa semakin banyaknya kesibukan sehingga membuat semakin berkurangnya waktu untuk dapat ersosialisasi dengan teman, keluarga, maupun lingar sosial.Disini facebook dapat dilihat sebagai sebuah perluasan dari proses sosialisasi yang telah ada sebelumnya di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara online exposure pada Facebook dengan kebutuhan sosialisasi dari pengguna.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna facebook di Indonesia,dan diambil sebanyak 400 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan metode survey dan penarikan sampel secara acak. Metode analisa menggunakan regresi linear berganda yang dipecah menjadi 15 regresi, dan statistik t dua ratarata dengan menggunakan program excel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pengguna facebook dapat menggunakan facebook untuk memperluas sosialisasi yang sebelumnya terbatas di dunia nyata. 2) terdapat perbedaan self yang terbentuk di dunia maya dari dunia nyata. 3) menggunakan facebook untuk melaksanakan peran sosial dari pendidik menjadi sebuah peluang yang patut untuk dijelajahi. 4) pengguna facebook tampak lebih terdepan dalam memberitakan informasi terbaru dalam komunikasi dalam jaringan. 5) online exposure ternyata berpengaruh dalam penambahan jumlah teman dan secara langsung, mempengaruhi interaksi generalized others.
This research is background by social networking growth of facebook as a means of communications. this social Interaction program have placed Facebook as especial medium process the nonverbal communications between humanity so that with the existence of the process communications which have is not intertwined nor new will easily created. Its fact that more and more it is workdload so that make socialization time not to be able to with the friend,family, and also social cyrcle. Here visible facebook as a extension from socialization process which have preexisted in real world. This research aim to to know the relation/link between online exposure at Facebook with the socialization requirement from consumer.Subjek in this research is entire/all consumer facebook in Indonesia, and taken by counted 400 responder. This research have the character of quantitative,with the method of survey and withdrawal sampel at random. Method analyse to use the doubled linear regression broken become 15 regresi, and statistical by using excel.Result of research indicate that the 1) consumer facebook can use the facebook to extend the previous socialization limited in real world 2) there are difference self formed in illusory world from real world 3) using facebook to execute the social role from educator become a proper opportunity to be explored 4) visible consumer facebook become leader in reporting on newest information in communications in network 5) online exposure in the reality have an effect on in addition amount of friend and directly, influencing interaction of generalized others.
Kata Kunci : Online exposure, Jejaring sosial, Facebook, Sosialisasi, social networking, socialitation