Laporkan Masalah

Hubungan antara persepsi pasien terhadap kemampuan dokter mendengarkan aktif dan jenis kelamin dokter dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter

PARMITASARI, Damasia Linggarjati Novi, Dr. Sofia Retnowati, M.S

2010 | Tesis | S2 Magister Sains Psikologi

Kepuasan pasien merupakan indikator terpenting dalam pelayanan kesehatan karena pasien yang puas cenderung lebih patuh pada rekomendasi medis sehingga kesembuhan lebih cepat tercapai dan kesehatan menjadi lebih terjaga. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam kepuasan pasien terhadap layanan dokter adalah persepsi pasien terhadap kemampuan dokter mendengarkan aktif dan jenis kelamin dokter. Kemampuan dokter mendengarkan aktif memberikan keuntungan bagi dokter untuk memahami pasien secara lebih dalam sehingga da pat meningkatkan kerja sama dengan pasien dalam memecahkan masalah kesehatan. Sementara itu berdasarkan penelitian sebelumnya disimpulkan bahwa ada perbedaan kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter wanita dan dokter pria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan dokter mendengarkan aktif dan jenis kelamin dokter dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter. Subjek penelitian terdiri dari 18 orang pasien penyakit dalam yang dirawat dokter pria dan 9 orang pasien yang dirawat oleh dokter wanita di Rumah Sakit Panti Wiloso Dr. Cipto Semarang. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kemampuan dokter mendengarkan aktif dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter ( F =81,387, p < 0,01). Sementara itu jenis kelamin dokter ternyata tidak terbukti berpengaruh terhadap kepuasan pasien terhadap pelayanan dokter (F = 2,982, p > 0,05). Sumbangan efektif variabel kemampuan dokter mendengarkan aktif sebesar 82,9 %.

Patient’s satisfaction is the most important indicator in health service because satisfied patient will tend to be more obey to medical recommendation, so recovery can be done quicker and health can be kept. One of the influenced factors in patient’s satisfaction to doctor’s service is patient’s perception toward doctor’s active listening ability and sex. The doctor’s abilit y to listen actively can give advantage to the doctor to understand the patient better, so it can improve the cooperation with the patient in solving the patient problem. Meanwhile, according to previous researches, there is difference in patient’s satisfaction between male and female doctors. The purpose of this research is to discover the correlation among doctor’s active listening ability and sex with patient’s satisfaction to doctor’s service. Subject of this research are 18 internal disease patients who are treated by male doctors and 9 patients who are treated by female doctors in Panti Wilasa Dr. Cipto Hospital Semarang. The result shows there is positive and very significant correlation between doctor’s active listening ability to patient’s satisfaction to doctor’s service (F = 81,387; p < 0,01). Meanwhile, doctor’s sex has no influence to patient’satisfaction to doctor’s service (F = 2,982; p > 0,05). Effective contribution of doctor’s active listening ability variable is 82,9 %.

Kata Kunci : kepuasan pasien terhadap layanan dokter, kemampuan dokter mendengarkan aktif, jenis kelamin dokter, patient’s satisfaction to doctor’s service, patient’s perception toward doctor’s active listening ability, doctor’s sex


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.